Nasihat Rasulullah SAW: Kaya dengan Cara Zalim Ibarat Makan tak Pernah Kenyang

Nasihat Rasulullah SAW: Kaya dengan Cara Zalim Ibarat Makan tak Pernah Kenyang

--

SILAMPARITV.CO.IDDalam hal ini Rasulullah SAW mengingatkan kita semua untuk selalu berhati-hati dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan, terlebih lagi jika mencari harta kekayaan dengan cara yang zalim atau menyakiti orang lain.

Hal tersebut yang sangat dilarang oleh Rasulullah SAW.

Abu Said Al Khudri RA menyampaikan didalam riwayatnya, bahwa terdapat nasihat yang sangat berharga yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Nasihat tersebut terkait dengan orang-orang yang berusaha meraih kekayaan.

BACA JUGA:Demi Kenyamanan Pedagang Pasar 16 Ilir, Perumda Pasar Palembang Merencanakan Revitalisasi

Adapun bunyi haditsnya tersebut yaitu sebagai berikut:

Abu Said Al Khudri RA menceritakan bahwa Rasulullah SAW suatu hari duduk di atas mimbar dan para sahabat pun duduk di dekatnya.

Lalu beliau Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di antara yang aku (Rasulullah) khawatirkan terjadi pada kalian sepeninggalku yaitu sesuatu yang Allah SWT keluarkan untuk kalian dari berkahnya bumi."

Lalu ditanyakan kepada beliau Rasulullah SAW, "Apa maksud dari berkahnya bumi?" Beliau Rasulullah SAW menjawab, "Perhiasan dunia." Kemudian seseorang bertanya kepada beliau Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, apakah mungkin kebaikan akan mendatangkan sebuah keburukan?"

BACA JUGA:Sudahi Rebahan Mu di Waktu Libur, Mari Beraktivitas, Berikut Segudang Manfaat dari Berjalan Kaki

Kemudian Rasulullah SAW berdiam sejenak, sampai beberapa para sahabat mengira telah turun wahyu kepada Rasulullah SAW. Setelah itu, Rasulullah SAW mengusap keningnya kemudian beliau bersabda, "Di manakah orang yang bertanya tadi?" Lelaki tersebut menjawab, "Saya." Kemudian Abu Said menjelaskan, "Kami sempat memujinya ketika lelaki tersebut tiba-tiba muncul."

Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh kebaikan itu tidak mendatangkan kecuali kebaikan. Sungguh harta dunia itu adalah hijau dan manis. Setiap sesuatu yang ditumbuhkan pada musim semi akan mematikan atau membinasakan, kecuali yang pemakan hijau-hijauan, dia makan sampai lambungnya melebar. Kemudian menghadap kepada matahari lalu buang air besar, kencing dan kembali, lalu makan. Sungguh harta itu terasa manis, maka siapa yang mendapatkan kekayaan dengan cara yang benar dan meletakkan/mendapatkan dengan cara yang benar pula, maka dia beruntung. Dan siapa yang mendapatkan kekayaan dengan cara yang tidak benar, maka dia diibaratkan orang yang makan dan tidak pernah merasa kenyang."

BACA JUGA:Dahsyat nya Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Hadits tersebut merupakan hadits yang ada dalam Shahih Bukhari.

Sumber: