Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Obat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Obat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tanaman obat belimbing wuluh--Pixabay

2. Belimbing Wuluh

Biasanya buah ini digunakan untuk menambah rasa asam pada beberapa makanan tradisional indonesai. Selain untuk keperluan memasak, tanaman ini juga bisa menjadi tanaman obat yang manjur lhoo!!

Buah ini juga memiliki vitamin C.

BACA JUGA:Dahsyat nya Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Dalam satu buah belimbing berukuran 90 gram,setidaknya terkandung 3 gram serat 1,1 gram protein,serta dapat memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Selain kaya akan serat buah, belimbing juga dikenal rendah kalori.

Manfaat dari buah ini bisa mengatur kadar gula darah, membantu mengelola hipertensi, mampu mengobati wasir, menyembuhkan batuk dan pilek, membantu diet, menjaga kesehatan tulang, mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mengatasi sakit gigi, mengobati kram dan nyeri otot, mengatasi sakit linu akbita rematikber, mengatasi jerawat, menjaga kulit awet muda, mencerahkan wajah mengbati gigitan serangga, mengurangi mual pada ibu hamil, mengatasi asam urat dan mengatasi kadar kolestrol kecil.

3. Serai

Serai merupakan tanaman obat yang sering diolah menjadi minyak kayu putih untuk pengobatan lho, ternyata dalam satu ons serai mengandung kalori 30 kal, protein 1 gram, lemak 0 gram, karbohidrat 7 gram serat 0 gram gula 0 gram dan kandngan lain pada serai yaitu zat besi, kalsium dan vitamin C. Zat besi ini menjadi komponen penting untuk sel darah merah serta untuk pengiriman oksigen dari paru paru.

BACA JUGA:Ingin Diet Sehat? Lakukan 3 Tips Ini yang Bisa Kamu Coba

Serai juga mempunyai manfaat yang tidak kalah penting, serai bisa mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, mengobati penyakit kulit,kaya antioksidan, mengurangi perangdan, mengurangi diare, mencegah mual dan sakit perut, mengurangi kolestrol, meredakan stres dan kecemasan, meredakan sakit kepala, mengurangi kembung.

Tapi selain bermanfaat serai juga punya efek sampingnya. Apa saja sih efek sampingnya, serai bisa memicu alergi efek samping seperti, pusing, meningkatkan rasa lapar, mulut kering, meningkatkan buang air kecil, mudah lelah, alergi akibat pemakai serai, seperti sulit bernafas, detak jantung lebih cepat ruam dan gatal di kulit.

4. Bawang putih

Selain bisa menjadi bahan baku utama di masakan, bawang putih juga bisa di manfaatkan sebagai tanaman obat obatan.

BACA JUGA:7 Kebiasaan Bikin Awet Muda, Bantu Dorong Produksi Kolagen

Bawang putih memiliki beberapa nutrisi penting dan rendah kalori, satu siung bawang ini mengandung mangan, vitamin C, selenium dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin B6 dan kalium.

Sumber: