10 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Efek Samping Bagi Tubuh

10 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Efek Samping Bagi Tubuh

Foto Sereh--

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengurangi Stres

Penelitian menemukan 2,5 persen larutan minyak serai efektif melawan jamur. Sifat antijamur ini efektif mencegah jenis jamur yang menyebabkan kurap dan gatal di selangkangan.

3. Kaya Antioksidan Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung antioksidan.

Antioksidan dalam serai yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica. Kandungan ini bisa membantu mencegah kelainan fungsi sel di dalam pembuluh darah jantung. Penelitian tahun 2015, menemukan serai bisa dijadikan obat kumur. Obat kumur ini mengandung antioksidan yang bisa digunakan untuk terapi radang gusi.

4. Mengurangi peradangan Serai mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker.

BACA JUGA:Rutin Bangun Jam 4 Pagi, Berikut Manfaatnya!

5. Mengurangi diare Diare sering kali menyebabkan masalah bagi beberapa orang. Penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Diare bisa disembuhkan ketika mengkonsumsi obat diare.

Tetapi beberapa obat diare punya efek samping seperti sembelit. Sereh bisa menjadi obat alami mengurangi diare. Anda bisa membuat minuman hangat dari serai untuk mengobati diare.

6. Mencegah mual dan sakit perut Serai bisa dipakai untuk meredakan mual, sakit perut, masalah pencernaan, dan tukak lambung. Sereh menjadi bahan untuk membuat teh herbal dan suplemen untuk mengatasi mual.

Produk herbal ini dibuat memakai daun serai kering dan minyak esensial untuk aromaterapi. Anda bisa membuat minuman hangat yang diminum untuk meredakan sakit perut dan mual.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Obat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Penelitian tahun 2012, menemukan bahwa serai efektif melawan tukak lambung ketika diuji pada tikus.

Penelitian itu menemukan minyak esensial pada daun serai kering, bisa melindungi lapisan perut dari kerusakan aspirin dan etanol. Pemakaian aspirin bisa menjadi penyebab tukak lambung.

7. Mengurangi kolesterol Kolesterol bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Serai bisa menjadi obat herbal untuk mengobati kolesterol.

Penelitian yang diterbitkan Advanced Pharmaceutical Technology & Research, menemukan serai bisa menurunkan kolesterol pada hewan. Tetapi penurunan kolesterol ini tergantung dosis.

Sumber: