10 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Efek Samping Bagi Tubuh

10 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Efek Samping Bagi Tubuh

Foto Sereh--

BACA JUGA:7 Buah Lokal yang Memiliki Sejuta Manfaat, Jarang Diketahui!

8. Meredakan stress dan kecemasan Penelitian tahun 2015 menemukan efek minyak serai dan almond manis untuk pijatan. Peserta menerima pijatan memakai kedua bahan ini satu minggu sekali, selama 3 minggu.

Penelitian tersebut menemukan aromaterapi dari bahan serei bisa mengurangi stress dan kecemasan. Anda bisa menggunakan aroma terapi dan pijat untuk relaksasi tubuh.  Anda juga bisa membuat minuman hangat dari serai setiap pagi.

Teh serai bisa membuat rileks dan mengurangi kecemasan. Penelitian lain menemukan bahwa mencium serai dan minyak atsiri bisa mengurangi stress dan kecemasan.

9. Meredakan sakit kepala Penelitian dari Australia menemukan bahwa serai bisa meredakan sakit kepala atau migrain.

BACA JUGA:Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cobain!

Dari hasil penelitian ini ditemukan kandungan eugenol dalam serai yang fungsinya mirip aspirin. Eugenol berguna untuk mencegah trombosit darah menggumpal.

Kandungan ini bisa melepaskan hormon serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

10. Mengurangi kembung Mengutip dari medicalnewstoday.com, minuman serai memiliki sifat diuretik. Artinya serai bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Renal Nutrition, minuman teh serai bisa meningkatkan produksi urin lebih banyak dari minuman lain. Diuretik bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi kembung dan mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS).

BACA JUGA:Suka Ngemil Sambil Nonton? Berikut Rekomendasi Cemilan yang Cocok Temani Kamu!

Sumber: