5 Bahaya dari Mengonsumsi Gula Terlalu Banyak

5 Bahaya dari Mengonsumsi Gula Terlalu Banyak

ilustrasi bahaya tubuh konsumsi gula terlalu banyak--freepik

BACA JUGA:5 Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Hiperglikemia merupakan penyakit yang disebabkan karena mengonsumsi gula terlalu tinggi, penyakit ini biasa disebut gula darah tinggi. 

Biasanya, faktor yang memicu Hiperglikemia adalah makananan yang tidak dijaga, kurang gerak, obat-obatan nondiabetes yang bisa menaikkan gula darah, dan melewatkan konsumsi obat penurun gula darah atau bisa disebut insulin.

Selain itu kita perlu mengendalikan jenis makanan yang kita konsumsi, karena itu demi kesehatan kita sendiri, untuk tidak terjangkit penyakit yang tidak diingkan.

4. Kerusakan Gigi

BACA JUGA:Daun Pepaya Dengan Segudang Manfaatnya, Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Kerusakan Gigi biasanya disebabkan oleh terlalu banyak memakan makanan yang mengandung gula seperti permen, es, roti, dan makanan bungkusan yang mengandung gula.

Gula bisa menyebabkan gigi kalian berlubang dan bisa juga menyebabkan sakit gigi pada gigi kalian.

5. Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang bisa mengakibatkan hilangnya neuron (sel otak) dan sinapsis (persimpangan antara sel-sel otak) secara bertahap. Kondisi ini mengakibatkan penurunan fungsi otak seiring berjalannya waktu. 

BACA JUGA:Waspada Sakit Kepala Bisa Menyebabkan Kematian, Ini Penjelasannya!

Penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku sehari-hari menjadi tanda-tanda penyakit Alzheimer. Pada akhirnya, saat Alzheimer sudah cukup parah, pengidapnya tidak akan lagi mampu melakukan berbagai kegiatan tanpa bantuan orang lain.

Selain berbahaya untuk tubuh gula ternyata ada manfaatnya yaitu:

1. Pembentukan Polimer 

Polisakarida adalah polimer yang lebih panjang. Mereka terdiri dari beberapa unit sakarida. Contohnya adalah selulosa, pati, dan glikogen.

Sumber: