Siap-siap Warga Satu Desa Mengungsi! Gunung Lewotobi Terus Erupsi Hingga Status Naik Jadi Level IV Awas

Siap-siap Warga Satu Desa Mengungsi! Gunung Lewotobi Terus Erupsi Hingga Status Naik Jadi Level IV Awas

Status gunung lewotobi naik jadi level IV Awas--PVMBG

SILAMPARITV.CO.IDStatus Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) naik jadi level IV atau awas.

Hal ini memungkinkan siap-siap untuk para warga satu desa sekitar area gunung api tersebut untuk mengungsi.

Erupsi terus terjadi sejak awal Januari hingga sekarang ini, dari level III Siaga menjadi level IV Awas.

BACA JUGA:Ditemukan Hewan Spesies Baru di Asia Tenggara, Apakah Indonesia Termasuk?

Tepat pada Selasa, 9 Januari 2024 kisaran pukul 23.00 Wita, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberitahukan terkait status Gunung Lewotobi yang mengalami peningkatan level. 

Hal ini tentu memungkinkan erupsi dapat terjadi dan mengancam area pemukiman warga yang berada di sekitar gunung tersebut.

Per awal Januari hingga 9 hari ini PVMBG mencatat adanya peningkatan kolom erupsi mencapai ketinggian maksimum 1.500 meter dari puncak erupsi yang berada di sebelah barat laut-utara kawah Gunung Lewotobi Laki-laki.

BACA JUGA:Banjir Lahar Dingin Akibat Erupsi, Warga Sekitar Kaki Gunung Lewotobi Laki-laki Panik

Secara dilihat dengan mata telanjang, visual Gunung tertutupi oleh awan abu yang cukup tebal.

Masyarakat sekitar gunung api tersebut diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 km dari pusat erupsi serta perluasan sektor sekitar 5 km dari arah barat laut hingga utara.

Selama periode sembilan hari ini tercatat gempa letusan sebanyak 3 kali, gempa vulkanik dangkal 45 kali, gempa vulkanik dalam 150 kali, gempa guguran 1 kali, gempa hembusan 90 kali, gempa frekuensi rendah 1 kali, gempa tektonik lokal 4 kali, gempa tektonik jauh 14 kali, dan gempa tremor terus menerus sebanyak 5 kali.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Buka Lowongan Kerja Lulusan D4, S1, Cek Syarat-Syaratnya, Buruan Daftar!

Terlihat sinar api serta lontaran material pijar di bagian puncak serta aliran lava yang mengarah barat laut hingga utara dari puncak juga terlihat dari pos pengamatan.

"Terus erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki menandakan aktivitas masih tinggi," kata Hendra selaku kepala PVMBG setempat, dilansir dari liputan6.com, pada Rabu (10/1/2024).

Sumber: