Sering Kesemutan Saat Bangun Tidur? Jangan Anggap Sepele!

Sering Kesemutan Saat Bangun Tidur? Jangan Anggap Sepele!

ilustrasi orang kesemutan saat bangun tidur--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPernahkah Anda merasakan sensasi kesemutan saat bangun tidur? Kondisi ini bisa terjadi ketika ada bagian tubuh yang tertekan saat Anda tidur. 

Misalnya, mulai dari kaki, tumit hingga telapak kaki, atau lengan. Tekanan pada saraf mengganggu sirkulasi darah, menyebabkan nyeri dan mati rasa.

Rasa kesemutan dalam bahasa medis disebut paresthesia. paresthesia bukanlah suatu penyakit melainkan gejala suatu penyakit

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pada saraf, seperti menekuk lengan, menyilangkan kaki, bersandar pada siku, dan sebagainya dengan mengubah posisi atau melepaskan saraf dari tekanan, gejalanya akan hilang.

BACA JUGA:Bukan Hanya Daging, 7 Buah Ini Juga Kaya akan Protein!

Meski tampak tidak berbahaya, seringnya rasa kesemutan setelah bangun tidur bisa jadi berhubungan dengan sejumlah masalah kesehatan. Jadi inilah penyebab kita merasa kesemutan saat bangun tidur?

1. Kekurangan vitamin B12

Sering kesemutan di pagi hari juga bisa menjadi tanda  kekurangan  vitamin B12.

Vitamin B12 bermanfaat dalam mendukung fungsi otak dan sistem saraf pusat. Kekurangan vitamin B12 dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti maag dan penyakit autoimun. Gejala kekurangan vitamin B12 antara lain sering kesemutan terutama di pagi hari, kelemahan otot, dan penurunan nafsu makan. 

2. Spondylosis serviks 

 BACA JUGA:4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Awet Muda dan Cantik Mempesona

Penyakit ini terjadi karena cakram di leher mulai terkikis. Biasanya masalah kesehatan ini dialami oleh orang lanjut usia. Selain sensasi kesemutan, tanda-tanda lain dari spondylosis serviks ringan termasuk leher kaku dan mati rasa pada tungkai dan kaki.

3. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis dimana kadar gula darah  cenderung meningkat. Ada beberapa gejala diabetes yang perlu diwaspadai, seperti kesemutan terutama di pagi hari, serta  nyeri, mati rasa, dan kelemahan pada anggota tubuh.

Sumber: