Inilah 12 Manfaat Daun Pandan yang Baik untuk Kesehatan

Inilah 12 Manfaat Daun Pandan yang Baik untuk Kesehatan

ilustrasi manfaat daun pandan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKhasiat daun pandan untuk kesehatan sudah terbukti sejak zaman dahulu. Daun pandan tidak hanya menarik karena keindahan daunnya yang panjang dan juga bergerigi, tetapi juga mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder dan nutrisi penting.

Kandungan seperti alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, vitamin A, serat, kalsium dan zat besi menjadikan daun pandan sebagai sumber manfaat bagi kesehatan manusia.

Daun pandan merupakan salah satu anugerah alam yang patut disyukuri, mulai dari melindungi dari penyakit hingga meningkatkan kesejahteraan.

Tak heran jika daun pandan kerap dijadikan bumbu atau pewarna alami dalam berbagai masakan tradisional.

BACA JUGA:Simak Manfaat Utama Rutin Minum Jus Seledri Dibawah Ini!

Berikut Ini adalah 12 Manfaat Daun Pandan uang bagus untuk kesehatan.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun pandan yang pertama adalah pencegahan penyakit jantung. Flavonoid dan polifenol dalam daun pandan mempunyai sifat antioksidan yang dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, daun pandan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang jahat (LDL) dalam tubuh yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

2. Dijadikan Untuk Perawatan Kulit

BACA JUGA:Tahukah Kamu Koi Tercantik di Dunia? Ini dia Koi Juara Kontes Internasional

Berikutnya manfaat daun pandan dalam perawatan kulit tradisional. Konsentrasi senyawa seperti alkaloid dan flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi kulit.

Selain itu, daun pandan juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan infeksi jamur.

3. Dapat Mengontrol Gula Darah

Sumber: