Apakah Anda Sering Memakai Sepatu Basah Saat Musim Hujan? Hati-Hati, 4 Penyakit Ini Mewabah

Apakah Anda Sering Memakai Sepatu Basah Saat Musim Hujan? Hati-Hati, 4 Penyakit Ini Mewabah

ilustrasi bahaya pakai sepatu basah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMusim hujan baru-baru ini dimulai di Indonesia. Saat musim hujan, jalanan yang berlumpur atau kehujanan di perjalanan bisa membuat pakaian dan sepatu Anda basah. Jika sepatu tetap basah, seseorang bisa mengalami banyak masalah kesehatan.

Selain menimbulkan bau kaki yang tidak sedap, penyakit berikut ini juga bisa mengintai lho!

Bahaya memakai sepatu basah

Padahal, musim hujan merupakan waktu favorit berkembangnya virus, bakteri, dan jamur. Selain menyebabkan demam atau menggigil, mikroorganisme tersebut juga dapat memicu penyakit kulit, termasuk kapalan akibat penggunaan sepatu basah.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut penyakit yang mengintai di musim hujan akibat sepatu basah.

BACA JUGA:Simak Manfaat Utama Rutin Minum Jus Seledri Dibawah Ini!

1. Kutu air 

Kutu air berbentuk cincin yang muncul di sela-sela jari kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi jamur golongan dermatofita. Penyakit kutu air ditandai dengan kulit kaki yang terbakar, kering, pecah-pecah, dan bersisik.

Selain memakai kaos kaki atau sepatu basah, kutu air juga sensitif terhadap orang yang sering bertelanjang kaki di tempat umum seperti ruang ganti, kolam renang, toilet, dll.

2. Jamur Kuku 

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini 6 Macam Kulit Buah yang Memiliki Sejuta Manfaat untuk Tubuh

Sesuai dengan namanya, jamur kuku merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kuku baik tangan maupun kaki. Kondisi ini disebut juga dengan tinea unguium atau onikomikosis.

Gejala jamur kuku antara lain kuku menebal, bau tidak sedap, bercak putih pada kuku, perubahan warna kuku menjadi kuning kecoklatan atau hitam, hingga lepasnya kuku dari jari yang menempel.

3. Ruam Alergi 

Sumber: