Menderita Insomnia? Cobalah 5 Tips Ini untuk Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

Menderita Insomnia? Cobalah 5 Tips Ini untuk Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

ilustrasi insomnia (gangguan tidur)--freepik

SILAMPARITV.CO.IDInsomnia adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya sulit tertidur, atau bahkan tidak bisa tidur meski memiliki waktu dan kesempatan istirahat yang cukup. Insomnia sesekali bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun bila kondisi ini sudah berlangsung lama, tentu perlu dilakukan pemantauan terhadap kondisi ini.

Insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kebiasaan meminum minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur hingga masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Selain itu, insomnia juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti nyeri sendi dan efek samping pengobatan. Beberapa cara mengatasi insomnia, jika Anda sering menderita insomnia, berikut beberapa tips dan caranya. Untuk mengatasi insomnia, Anda bisa mencoba antara lain:

1. Luangkan waktu untuk bersantai

BACA JUGA:Inilah 12 Manfaat Daun Pandan yang Baik untuk Kesehatan

Anda dapat mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, seperti yoga atau Pilates. Kegiatan tersebut dapat mendatangkan ketenangan dan kenyamanan, sehingga Anda akan mudah tertidur.

Selain itu, beberapa aktivitas santai seperti membaca, mandi air hangat, dan mendengarkan musik pelan juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

2. Hindari merokok sebelum tidur

Kandungan nikotin dalam rokok dapat membuat Anda tetap terjaga. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar tidak perlu begadang semalaman.

BACA JUGA:Simak Manfaat Utama Rutin Minum Jus Seledri Dibawah Ini!

3. Cobalah untuk terus berpikir positif.

Insomnia mungkin lebih mudah terjadi pada orang yang sering khawatir atau khawatir berlebihan. Jadi, usahakan untuk selalu berpikir positif untuk menenangkan pikiran. Anda juga dapat mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran Anda.

Jika dirasa kesulitan, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan konseling dan psikoterapi. 

4. Konsumsi makanan sehat

Sumber: