Sering Mengonsumsi Tempe? Inilah 7 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Mengonsumsi Tempe? Inilah 7 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi tempe dan manfaatnya untuk kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTempe, makanan tradisional Indonesia, memiliki manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja dengan mengatur gula darah dan menunjang aktivitas otak.

Tempe adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari kacang kedelai. Proses produksinya meliputi fermentasi kedelai matang dan penambahan kultur jamur Rhizopus.

Jamur ini membantu fermentasi biji kedelai sehingga menghasilkan produk pangan dengan kandungan protein yang tinggi dan tekstul yang kenyal.

Meski murah, masakan ini memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Namun, dibalik kelezatan dan keunikkannya, tempe juga mempunyai banyak manfaat.

BACA JUGA:Apakah Kamu Termasuk Suka Makan Mie Instan? Inilah 7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instan Jika Terlalu Sering

Apa Saja Manfaat Tempe? Berikut ini adalah 7 manfaat tempe bagi kesehatan.

1. Sumber Protein Nabati Berkualitas

100 gramnya mengandung 19,05 gram protein. Menurut informasi kesehatan Departemen Pertanian Amerika Serikat, tempe kaya akan protein yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Tempe adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Kandungan protein yang terdapat pada tempe membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Protein nabati di dalamnya juga mengandung semua asam amino esensial yang baik bagi tubuh.

BACA JUGA:Selain Enak Sebagai Hidangan Seblak, Ternyata Ini 7 Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan

2. Tempe Juga Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tempe mengandung asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat menunjang kesehatan jantung. Asam lemak omega3 juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida didalam darah.

Selain produknya, kualitas suatu makanan juga dapat dipengaruhi oleh minyak yang digunakan dalam pengolahan makanan – termasuk tempe. Salah satu jenis minyak yang direkomendasikan adalah minyak VCO.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Sumber: