Sering Mengonsumsi Tempe? Inilah 7 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Mengonsumsi Tempe? Inilah 7 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi tempe dan manfaatnya untuk kesehatan--freepik

BACA JUGA:Selain Petai, Ternyata Jengkol Banyak Manfaatnya, Kenali Cara Memilih Jengkol yang Enak

Selain protein nabati, tempe juga ada yang mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Ketiga mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Misalnya saja kalsium yang berperan penting dalam meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Di saat yang sama, magnesium dan fosfor dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien.

4. Dapat Membantu Mengatur Gula Darah

Manfaat tempe lainnya adalah membantu mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan tempe memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tubuh dapat mencerna karbohidrat dalam tempe lebih lambat.

BACA JUGA:Ini dia 10 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

Mekanisme biologis ini tentu tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara tiba-tiba. Oleh karena itu, tempe merupakan pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Pada Sistem Pencernaan

Serat tempe yang kaya membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, dan serat membantu menjaga keseimbangan flora usus yang sehat dan dapat mengurangi risiko penyakit usus seperti kanker usus besar.

Menurut majalah In Food Science and Food Safety, kedelai dapat merangsang pertumbuhan bakteri genus Bifidobacterium untuk melancarkan pencernaan. Bifidobacteria dapat membuat asam asetat yang diproduksi di usus besar menjadi lebih asam, sehingga mencegah infeksi bakteri.

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Tubuh

6. Mendukung Fungsi Pada Otak

Kandungan asam lemak omega-3 pada tempe berperan penting dalam menjaga kesehatan fungsi otak. Pasalnya asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan mood.

7. Memiliki Efek Antioksidan

Tempe mengandung senyawa isoflavon yang memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini berguna dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan menimbulkan penyakit degeneratif.

Sumber: