Apa Saja Adab Seorang Muslim saat Musim Penghujan? Berikut Penjelasannya!

Apa Saja Adab Seorang Muslim saat Musim Penghujan? Berikut Penjelasannya!

ilustrasi adap muslim saat musim hujan--

SILAMPARITV.CO.IDSaat memeasuki musim penghujan, apakah seorang muslim ada adab yang harus diterapkan? berikut penjelasannya.

Belum lama ini telah melewati musim kemarau, sebelum memasuki musim penghujan.

Kondisi saat ini patut disyukuri karena Allah Ta’ala masih menurunkan rahmat‐Nya  kepada kita mengingat dosadosa anak Adam sedemikian derasnya terjadi saat ini.

sehingga jika kita mau memerhatikan, hampir seluruh dosa umat‐umat terdahulu telah dilakukan oleh umat manusia pada saat ini.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa kemarau akan menimpa suatu kaum yang bermaksiat kepada Allah, sedangkan hujan yang diturunkan kepada mereka merupakan rahmat Allah ta’ala kepada hewan ternak.

BACA JUGA:Sudah Pernah Mencicipinya? Inilah 7 Buah Paling Unik Didunia!

Asy Syaukani dalam Nailul Authar 4/26 mengatakan, “Sesungguhnya turunnya hujan tatkala maksiat tersebar hanyalah rahmat dari Allah Ta’ala kepada hewan ternak.”

Terkait dengan musim hujan, seorang muslim selayaknya mengetahui berbagai adab yang telah dituntunkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hujan turun. 

Karena beliau telah memberikan teladan kepada umatnya dalam seluruh perkara, tidak terkecuali dalam permasalahan ini. 

Bahkan setiap muslim patut mengetahui berbagai tuntunan syariat dalam setiap perkara agar mampu mengamalkannya, sehingga pahala akan senantiasa mengalir kepada dirinya. 

BACA JUGA:Inilah Makna Lagu Car's Outside - James Arthur yang Viral di TikTok!

Adab yang dituntunkan ketika Allah menurunkan hujan‐Nya ke permukaan bumi. Semoga Allah menjadikan amalan ini bermanfaat bagi diri kami pribadi dan kaum muslimin, sesungguhnya hanya kepada‐Nya semata kami memohon hidayah dan ‘inayah.

•Asal Muasal Hujan

Beberapa orang yang pernah mengecap pendidikan di bangku sekolah atau kuliah tentu telah mengetahui asal muasal hujan secara ilmiah. 

Sumber: