Apa Saja Adab Seorang Muslim saat Musim Penghujan? Berikut Penjelasannya!

Apa Saja Adab Seorang Muslim saat Musim Penghujan? Berikut Penjelasannya!

ilustrasi adap muslim saat musim hujan--

2. Berdoa ketika turun hujan

BACA JUGA:Tips dan Trik Menghilangkan Ngantuk Disaat Jam Kerja

Apabila hujan turun maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan ‘Aisyah radliallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila melihat hujan, maka beliau berdoa dengan lafadz,

اَللَّهُم صيبا نَافِعًاَّ

 “Ya Allah, turunkanlah hujan yang baik dan bermanfaat.” (HR. Bukhari).

3. Memperbanyak rasa syukur kepada Allah

BACA JUGA:Tips dan Trik Menghilangkan Ngantuk Disaat Jam Kerja

Bumi yang semula tandus akan kembali subur ketika hujan membasahinya, hal ini merupakan salah satu nikmat Allah yang diturunkan kepada para hamba‐Nya dan patut disyukuri. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Bersyukurlah kepada Allah. dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji” (QS. Luqman: 12).

Imam An Nawawi dalam Al Adzkar (1/182) berkata, “Dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah atas curahan nikmat ini, yaitu nikmat diturunkannya hujan.”

4. Mengguyur sebagian badan dengan air hujan

BACA JUGA:Musim Hujan Terus Menerus, Inilah Tips Agar Kesehatan Terjaga

Dari Anas radliallahu ‘anhu, dia berkata,

“Hujan mengguyur kami beserta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyingkap sebagian bajunya sehingga hujan membasahi sebagian tubuhnya.

Kami bertanya kepada beliau, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau lakukan hal itu? Beliau menjawab, “Aku melakukannya karena hujan tersebut adalah rahmat yang baru saja diciptakan oleh Allah.” (HR. Muslim).

Sumber: