Anda Banyak Duduk Saat Kerja? Coba Olahraga Ini Selama 22 Menit

Anda Banyak Duduk Saat Kerja? Coba Olahraga Ini Selama 22 Menit

ilustrasi lelah saat kerja--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBanyak karyawan yang menghabiskan terlalu banyak waktu di meja kerja. Ternyata bisa membahayakan kesehatan masyarakat.

Menurut penelitian di British Journal of Sports Medicine, risikonya bisa dikurangi jika Anda berolahraga kurang dari setengah jam atau 22 menit sehari.

Untuk mencapai temuan ini, yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Health, para peneliti memeriksa data pelacakan kesehatan dan aktivitas dari hampir 12.000 orang yang mengenakan sensor gerak di pinggul mereka selama 10 jam sehari selama setidaknya empat hari.

Mengutip Antara, peserta baik laki-laki maupun perempuan ini berasal dari Norwegia, Swedia, dan Amerika Serikat dan diikuti setidaknya selama dua tahun.

BACA JUGA:Indonesia VS Irak dalam Grup D Telah Selesai, Garuda Akui Keunggulan Singa Mesopotamia dengan Skor 1-3

Analisis keseluruhan menunjukkan bahwa duduk lebih dari 12 jam sehari dikaitkan dengan risiko kematian akibat segala sebab sebesar 38 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang duduk hanya 8 jam sehari.

Namun, peningkatan risiko kematian hanya terlihat pada orang yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat (MVPA) kurang dari 22 menit per hari.

Studi ini mengklasifikasikan MVPA sebagai jalan cepat, bersepeda, latihan ketahanan, atau bekerja di taman.

Tingkat MVPA yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, berapa pun lamanya duduk.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik yang Nyaman Digunakan Saat Ingin Melakukan Rutinitas Joging

Namun aktivitas fisik sangat mempengaruhi hubungan antara duduk dan risiko kematian.

Pada orang yang menghabiskan 10,5 jam atau kurang per hari untuk duduk, tambahan 10 menit MVPA dikaitkan dengan risiko kematian 15 persen lebih rendah.

Orang yang duduk lebih dari 10,5 jam memiliki risiko kematian 35 persen lebih rendah jika mereka berolahraga tambahan 10 menit.

Sumber: