Unik! Mahasiswa Universitas Brawijaya Lakukan Penelitian Tentang Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Unik! Mahasiswa Universitas Brawijaya Lakukan Penelitian Tentang Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Penetitian Tentang Ritual Pesugihan Gunung Kawi--

SILAMPARITV.CO.ID - Lima Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) nekat penelitian tentang ritual Pesugihan yang berada di Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur, Mengangkat tema mistis ketika melakukan penelitian.

Kelima mahasiswa UB tersebut, mendengar adanya isu mistis terkait pesugihan yang kerap dilakukan oleh sebagian orang di Gunung Kawi.

Adapun nama-nama dari kelima Mahasiswa UB itu yakni M Harun Rasyid Al Habsyi, Zulfikar Dabby Anwar, Suntari Nur Cahyani, Anggi Zahwa Romadhoni, dan Andini Laily Putri.

Mereak berlima merupakan Masiswa dari jurusan Fakiltas Pertanian dan Jurusan Fakultas Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

BACA JUGA:Ini dia 3 Tips untuk Mengatasi Rasa Bosan Kamu di Sekolah

Mengutip dari Radarutara.id, ada pula tujuan penelitian tersebut dilakukan bertujuan untuk mencari tahu tentang kebenaran tentang ritual mistis di Gunung Kawi dengan gangguan mental seperti skizofrenia psikosis.

Adapun alasan lain dilakukannya penelitian ini adalah agar hal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sekaligus membuktikan bahwa hal mistis itu nyata adanya.

Sementara Gunung Kawi itu sendiri mempunyai beragam nilai budaya oleh masyarakat setempat itu sendiri. 

Namun, sayangnya Gunung Kawi ini justru dialihfungsikan oleh sebagian orang untuk dijadikan tempat mendapatkan kesakitan, hingga melakukan pesugihan.

BACA JUGA:Ditemukan 2 WNA Asal Swedia Nekat Berkemah di Lereng Gunung Lewotobi yang Berstatus Awas

Untuk membuktikan kebenaran yang terjadi, dari kelima Mahasiswa Universitas Brawijaya tersebut pada akhirnya melakukan penelitian dengan dilakukannya sesi wawancara oleh sejumlah narasumber yang pernah melakukan ritual di Gunung Kawi tersebut.

Dari hasil penelitian itu menyatakan bahwa ada beberapa narasumber usai di wawancai yang banyak mengalami pengalaman aneh seperti sering mendengar atau melihat makhluk tak kasat mata.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu seorang Mahasiswa Universitas Brawijaya Andini yang melakukan penelitian, Andini Laily Putri yang mengaku bahwa ritual pesugihan itu tak hanya berdampak pada pelaku namun juga kerabat-kerabatnya.

“Ritual pesugihan Gunung Kawi sangat kental sekali, bahkan sangat berpengaruh kepada kondisi psikis pelaku. Bahkan keluarga dekat pelaku pun turut akan mengalami halusinasi,” ungkapnya. *

Sumber: