Ini dia 6 Tips Budidaya Lobster Air Tawar, Pemula Wajib Tau!

Ini dia 6 Tips Budidaya Lobster Air Tawar, Pemula Wajib Tau!

Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula--

Selain kolam tanah, lobster air tawar juga bisa dibudidaya menggunakan kolam fiber atau kolam semen/tank. Umumnya, media jenis ini digunakan untuk membesarkan burayak. 

3. Proses Pembenihan 

BACA JUGA:Ini Cara Membudidaya Ikan Mas Produksi, Raup Cuan Gede di Sini!

Cara membedakannya cukup mudah. Anda pun bisa melakukannya secara visual atau dilihat. Lobster Jantan. Capik bagian luar lobster jantan ini terdapat bercak yang berwarna merah.

Dan tanda merah ini akan muncul ketika lobster jantan berusia 3 sampai 4 bulan. Lobster Betina Di bagian capik tidak ada tonjolan atau penisnya.

Lobster betina ini memiliki lubang pada bagian pangkal kaki ketiga dari bawah atau ekor. Nah, lubang tersebutlah yang merupakan kelamin dari lobster betina dan juga sebagai tempat keluarnya telur. 

4. Memilih Induk 

Jika Anda mencari induk lobster, carilah induk lobster air tawar yang ukurannya di atas 4 inci atau sekitar 10cm.

BACA JUGA:Ini Cara Budidaya Ikan Discus di Indonesia

Umumnya, mereka yang berusia 5 sampai 6 bulan. Karena, lobster pada masa ini akan memiliki telur yang cukup banyak dalam proses pembuahannya.

Karena, jika semakin muda lobster dikawinkan, maka semakin lambat pula pertumbuhan anaknya nanti. Dan indukan lobster yang berukuran 4 inci, biasanya dapat bertelur hingga 200 telur. 

5. Mengawinkan Lobster 

Anda bisa mengwinkan lobster dengan cara menggabungkan antara indukan yang jantan dan betina menjadi satu. Anda bisa melakukan hal ini pada wadah atau akuarium berukuran 1 x 0,5 x 25 cm. 

Ukuran akuarium tersebut dapat dimasuki 5 lobster betina dan 3 lobster jantan. 

BACA JUGA:Inilah Cara Merawat Ikan Koi yang Baik dan Benar, Pembudidaya Wajib Tahu!

Sumber: