Mengenal Pupuik Sarunai, Alat Musik Tradisional yang Unik Khas Minangkabau

Mengenal Pupuik Sarunai, Alat Musik Tradisional yang Unik Khas Minangkabau

Pupuik Sarunai, Alat Musik Tradisional yang Unik Khas Minangkabau--Aan Afriandi

SILAMPARITV.CO.ID - Mengenal Pupuik Sarunai yakni alat musik tradisional khas di Minangkabau Sumatera Barat. Pupuik Sarunai ini sangat unik dan mengeluarkan suara yang keras dan merdu.

Pupuik Sarunai ini memiliki keunikan yaitu, diujungnya dipasangkan berupa pengeras suara untuk meningkatkan volume yang dinamakan tanduak (tanduk).

Tanduak biasanya berasal dari tanduak sapi. Tanduak sapi ini nantinya dibuat sebagus mungkin, sehingga menambah daya tarik dari Pupuik Sarunai tersebut.

Dikutip dari salingka media, Asal mula sarunai atau pupuik sarunai diperkirakan berasal dari nama shehnai.

BACA JUGA:Asal Usul Upacara Ngaben: Mengenal Budaya Tradisi Bali

Yang mana alat musik yang berasal dari Lembah Kashmir di dataran India Utara.

Alat Musik Shehnai diduga pengembangan dari alat musik pungi, alat musik pawang ular tradisional India yang digunakan untuk memikat ular.

Setelah dikenal luas di dataran tinggi Minangkabau (Sumatera Barat modern), sarunai menjadi populer sebagai bentuk musik tiup tradisional Minang.

Pupuik Sarunai ini dikenal merata di Sumatera Barat, terutama di dataran tinggi serupa di daerah Agam, Tanah Datar dan Lima Puluh Kota, dan juga di sepanjang pantai Sumatera Barat.

BACA JUGA:Mengenal Tari Lilin Asal Minang: Busana, Sejarah, Musik, dan Fungsinya

Alat musik ini sudah lama dipopulerkan di seluruh Indonesia oleh perantau dari Minang dan juga dikenal sebagai musik tradisional.

Pupuik Saruai biasanya dimainkan dalam acara ramai, seperti acara adat, acara serupa baralek, batagak penghulu, dan sabagainya. 

Alat musik ini bisa juga dimainkan perorangan, baik itu ketika mamanen padi atau ketika Bekerja di sawah maupun diladang.

Dalam satu pertunjukan, alat musik ini bisa dimainkan sendiri dan bisa juga dipadukan dengan musik tradisional lainnya, serupa talempong, gandang, dll.

Sumber: