Ini lah Bahaya untuk Kesehatan Akibat Jarang Ganti Handuk

Ini lah Bahaya untuk Kesehatan Akibat Jarang Ganti Handuk

ilustrasi bahaya bagi kesehatan akibat jarang ganti handuk--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBerbeda dengan pakaian atau seprai, kebersihan handuk seringkali luput dari perhatian. Belum lagi ada sebagian orang yang lupa mencuci dan menggantinya.

Namun penyimpanan handuk yang tidak tepat, seperti handuk basah, dapat menyebabkan munculnya bakteri. Kain yang basah, lembap, dan tidak benar-benar kering merupakan tempat berkembang biak yang baik bagi jamur atau parasit.

Pakar kebersihan rumah tangga dan pakar pencegahan penyakit menular Dr. Sally Bloomfield mengatakan handuk merupakan barang yang perlu dijaga kebersihannya. Idealnya, handuk harus dicuci seminggu sekali, meskipun terlihat bersih.

BACA JUGA:Mitos Pengidap Darah Tinggi Hindari Daging Kambing, Yuk Cek di Sini Biar Tau!

"Walaupun satu handuk terlihat bersih, namun mengandung jutaan bakteri yang dapat menyebarkan penyakit dan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius bagi manusia,"; Bloomfield seperti dikutip BBC, Jum'at (26/1/2024).

“Jika handuk tidak dicuci secara teratur, maka jumlah organisme (bakteri) yang ada pada handuk akan bertambah. Faktanya, kumpulan bakteri ini sulit dihilangkan saat dicuci,” lanjutnya.

Bloomfield mengatakan risiko bakteri Penyakit ini akan lebih besar jika satu lap digunakan pada satu waktu atau dicuci di tempat yang sama.

BACA JUGA:Apa Itu Interseks? Kenali Ciri-cirinya di Sini!

“Handuk yang banyak mengandung bakteri bisa menular ke orang lain jika digunakan bersamaan. Selain itu, penularannya bisa menular jika mencuci barang, termasuk handuk, di kamar mandi yang sama dengan orang lain,” ujarnya.

Sementara itu, konsultan dermatologis Dr. Cristina Psomadakis, bahwa setiap orang harus membuat jadwal khusus untuk mencuci handuk, karena kondisi handuk yang buruk dapat memicu berbagai transdermal, kulit setiap orang, setiap orang memiliki jadwal khusus untuk mencuci handuk?, tegas Dr. Psomadakis.

"Jika Anda tidak [mencuci kain secara teratur], masalah ini (jerawat atau masalah kulit lainnya) akan terus berlanjut pada Anda," tegas Psomadakis.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Makanan yang Mengandung Gluten Tinggi Bisa Sebagai Sumber Protein

Selain rutin mencuci handuk minimal seminggu sekali, Dr. Psomadakis menganjurkan agar setiap orang menggunakan handuk yang berbeda untuk setiap kebutuhan, seperti memisahkan handuk badan dan muka.

Sementara itu, Dr. Bloomfield merekomendasikan penggunaan air bersuhu rendah saat mencuci semua handuk

Sumber: