Ini Tips Mudah Budidaya ikan Lele di Kolam Terpal, 40 Hari Bisa Panen

Ini Tips Mudah Budidaya ikan Lele di Kolam Terpal, 40 Hari Bisa Panen

Budidaya ikan Lele di Kolam Terpal 40 Hari Panan--

Bibit atau benih ikan lele merupakan ikan yang akan dipelihara selama masa pembesaran.  Benih yang dipilih untuk masa pembesaran yakni ikan lele berukuran 7-9 cm dengan berat kira-kira 2,3-3,60 g.

BACA JUGA:Cara Pemijahan Alami Ikan Koi Hingga Penyortiran Benih, Pemula Wajib Tahu!

3. Penebaran Bibit Ikan Lele.

Anda dapat menebar benih ikan lele sebanyak 100-200 ekor/m2 atau sebagai contoh untuk kolam berukuran 2×3 m2, benih yang ditebar sebanyak 1000 ekor.

Lepas secara perlahan bibit ikan lele ke dalam kolam terpal, bibit akan berenang dengan sendirinya ke dalam kolam terpal.

4. Pemeliharaan Ikan Lele di Kolam Terpal

Pemeliharaan ikan lele di kolam terpal sendiri memang lebih mudah jika dibandingkan dengan kolam permanen. Namun, tetap ada beberapa perawatan yang harus Anda lakukan agar pertumbuhan ikan bisa lebih cepat dan sehat. 

BACA JUGA:Inilah, 5 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

5. Cara Pemberian Pakan Ikan

Pemberian pakan lele harus disesuaikan dengan besarnya mulut ikan. Contoh pemberian pakan awal 118 hingga umur 2 minggu dan 781-2 hingga umur 2 bulan dan 781 hingga ikan siap panen.

Beri lele makanan dengan nutrisi tinggi layaknya pellet atau cacing. Pemberian pakan pelet ini bisa dilakukan 3 kali sehari pada pukul 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam. Hindari pemberian makan saat hujan karena bisa mengubah kualitas pakan.

6. Cara Panen Ikan Lele Di Kolam Terpal.

Ikan lele sangkuriang dapat dipanen setelah dibesarkan selama 50 hari dan mencapai ukuran konsumsi dengan bobot 200-250 gram per ekor dan panjang 15-20 cm.

BACA JUGA:Inilah Cara Merawat Ikan Koi yang Baik dan Benar, Pembudidaya Wajib Tahu!

Panen ikan lele di kolam terpal ini dapat dilakukan dengan 2 cara yakni panen sortir atau panen sekaligus.

Sumber: