Tips Ternak Jangkrik Sangat Mudah dan Anti Ribet, Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan!

Tips Ternak Jangkrik Sangat Mudah dan Anti Ribet, Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan!

ternak jangkrik menghasilkan--jagadtani.com

SILAMPARITV.CO.IDJangkrik adalah hewan yang termasuk dalam keluarga Gryllidae dan kelas serangga. Jangkrik juga merupakan hewan omnivora dengan suara khas yang pasti tidak asing lagi di telinga Anda.

Tahukah anda kalau jangkrik yang mengeluarkan suara khas adalah jangkrik jantan? Ya itu benar, Suara khas ini dikeluarkan jangkrik jantan untuk menarik perhatian jangkrik betina.

Seringkali suasana sepi di pedesaan diramaikan dengan suara khas jangkrik. Selain suaranya yang unik, jangkrik juga memberikan sejumlah manfaat, antara lain sebagai makanan bagi ikan atau reptil. Oleh karena itu, tidak heran jika beternak jangkrik menjadi informasi yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Jangkrik diternakkan bukan tanpa alasan karena merupakan sumber makanan bagi ikan dan reptil, sehingga budidaya jangkrik merupakan peluang komersial. Beternak jangkrik bisa dikatakan tidak sulit dan bisa mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya.

BACA JUGA:Keindahan dan Keajaiban Air Terjun Lubuak Bulan yang Aliran Airnya Menghilang Ditelan Bumi, Wajib Kesini!

Berikut Cara Ternak Jangkrik:

1. Menentukan Lokasi Kandang

Cara beternak jangkrik yang pertama adalah dengan menentukan tempat atau kandang yang cocok untuk jangkrik tersebut. 

Raket merupakan hewan musiman yang biasa hidup di suatu daerah tertentu, misalnya sering dijumpai di sawah pada saat tanah kering, udara panas atau mendekati musim hujan. jangkrik selalu memilih tempat tinggal yang cocok untuk mereka. Oleh karena itu, letak kandang juga mempengaruhi hasil stok jangkrik.

BACA JUGA:Kuliah Lancar,Tapi Bisa Dapat Cuan? Ini dia 6 Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa

Akan lebih baik jika Anda meletakkan jangkrik di tempat yang suhu lingkungannya sama dengan di alam liar, dan menghindari tempat ramai seperti dekat pasar atau jalan raya, jauh dari toko ayam dan terkena sinar matahari langsung. Anda mungkin bisa beternak jangkrik sepanjang tahun dengan alat ini.

2. Membuat Kandang Jangkrik

Cara beternak jangkrik selanjutnya adalah dengan membuat kandang jangkrik. Pertama, carilah tempat yang kering dan tidak basah. Tanahnya juga cukup jika kering dan tidak basah. Usahakan juga menggunakan lantai atau dudukan yang tinggi untuk melindungi kandang dari kelembapan meski saat musim hujan.

Kedua Siapkan tembok setengah balok sepanjang 1,5 meter dengan asbes di atasnya. Penggunaan asbes karena asbes lebih stabil pada suhu lingkungan dan dapat tetap hangat meskipun musim hujan. Anda bisa membuat tinggi plafon sekitar 2,5 - 3,5 meter.

Sumber: