Tips Ternak Jangkrik Sangat Mudah dan Anti Ribet, Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan!

Tips Ternak Jangkrik Sangat Mudah dan Anti Ribet, Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan!

ternak jangkrik menghasilkan--jagadtani.com

BACA JUGA:Ini dia Rahasia Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung

Selain dinding setengah balok, dapat juga digunakan kotak dengan ukuran panjang 1 meter, lebar 0,6 meter, dan tinggi sekitar 0,3-0,4 meter. Anda bisa menutup celah pada kotak dengan lem agar jangkrik kecil tidak bisa keluar dari kandang melalui lubang tersebut.

Buatlah bagian atasnya agar bisa dibuka dan ditutup, lalu buatlah kipas angin berukuran 50 x 7 cm di bagian belakang dan letakkan sekitar 10 cm dari atas kotak.

Tutupi ventilasi dengan jaring lembut untuk mencegah jangkrik keluar. Kemudian letakkan insulasi plastik di dalamnya, sekitar 10 cm dari atas, dan letakkan kaki-kakinya di keempat sudut kotak, yang harus diisi air atau cairan lain untuk mencegah hama seperti semut masuk ke dalam kandang..

3. Pembibitan Jangkrik

BACA JUGA:Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Hingga Hasilkan Cuan, Pemula Wajib Tau!

Cara beternak jangkrik selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan memilih bibit jangkrik. Jangkrik yang digunakan adalah jangkrik sehat berumur 10-20 hari.

Jangkrik langsung dari alam direkomendasikan bagi calon induk jangkrik karena cenderung memiliki kekuatan tubuh yang lebih baik. Beberapa ciri stok jangkrik yang baik adalah antenanya yang panjang, anggota tubuhnya yang sempurna, kelenturannya, dan warnanya yang cerah.

Jangkrik yang mengeluarkan cairan tidak dianjurkan untuk diseleksi. Sedangkan cara termudah untuk membedakan jangkrik jantan dan betina adalah jangkrik jantan memiliki dua lapisan ekor dan jangkrik betina memiliki tiga lapisan, dengan sarang telur di tengahnya.

4. Mengembangbiakkan Jangkrik

BACA JUGA:Ini Tips Menanam Cabe yang Baik Agar Berbuah Lebat

Jangkrik dapat dikembangbiakkan melalui perkawinan dan pembiakan jangkrik. Anda harus mengawinkan jangkrik di tempat yang berbeda dengan tempat tumbuhnya jangkrik. Anda bisa menciptakan suasana di mana jangkrik bisa berkembang biak seperti di habitat aslinya yaitu alam liar. Anda bisa menambahkan tanah liat atau daun.

Jangkrik sejenis dapat dikawinkan dengan perbandingan 10:2 betina dan jantan. Siapkan pasir atau tanah untuk bertelur. Menetas dalam 7-10 hari. Ingatlah untuk memisahkan telur dari betina lima hari setelah betina bertelur agar telurnya tidak dimakan.

5. Memberi Pakan yang Bisa Mempercepat Panen Jangkrik Dan  Pemanenan

Nutrisi yang diberikan pada masa pertumbuhan jangkrik harus diperhatikan. Cara beternak jangkrik ini mempengaruhi pertumbuhan jangkrik selanjutnya.

Sumber: