7 Tips Agar Tidak Mudah Kelaparan, Menu Diet yang Wajib Diketahui

7 Tips Agar Tidak Mudah Kelaparan, Menu Diet yang Wajib Diketahui

ilustrasi diet alami--freepik

BACA JUGA:Beberapa Penyebab Mual Tapi Tidak Muntah, Bukan Hanya bagi Ibu Hamil Muda Saja

Makanan berserat tinggi seringkali juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan kesehatan jangka panjang.

3. Minum air sebelum makan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum makan mampu makan 22 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak makan.

Para ilmuwan percaya bahwa minum 500 ml air dapat meregangkan perut dan mengirimkan rasa kenyang ke otak. Oleh karena itu, tips ini bisa dilakukan tepat sebelum makan.

BACA JUGA:9 Manfaat Rutin Minum Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Menyegarkan Napas

Untuk melakukannya, minumlah segelas air sebelum makan. Ini dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda makan tanpa merasa terlalu lapar.

4. Jangan makan terlalu cepat

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih cepat makan dengan porsi lebih banyak dan kalori lebih banyak. Studi lain menemukan bahwa makan perlahan bisa membuat Anda merasa lebih kenyang.

Jadi jangan makan terlalu cepat dan pelan-pelan. Selain itu, jika nafsu makan Anda tinggi, kemungkinan besar Anda akan makan dengan porsi lebih besar dari yang direncanakan. Dan tips ini bisa menjadi cara yang baik untuk tidak makan berlebihan.

BACA JUGA:Ingin Kulit Semakin Cantik Alami Coba Masker Lidah Buaya, Begini Cara Membuatnya

5. Tidur yang cukup dan berkualitas

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu sedikit tidur dapat meningkatkan perasaan subyektif seperti lapar, nafsu makan, dan mengidam makanan. Kurang tidur juga dapat meningkatkan ghrelin, yaitu hormon rasa lapar yang dapat meningkatkan asupan makanan.

Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah penambahan berat badan. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam dan bagi anak-anak dan remaja 8-12 jam.

6. Kelola stres

Sumber: