Apakah Hamil di Usia Tua Berisiko Lahirkan Anak Down Syndrome? Cek di Sini!

Apakah Hamil di Usia Tua Berisiko Lahirkan Anak Down Syndrome? Cek di Sini!

ilustrasi ibu hamil--freepik

SILAMPARITV.CO.IDDown syndrome adalah kondisi kelainan genetik yang disebabkan oleh adanya salinan ekstra pada kromosom 21.

Kelainan ini dapat memengaruhi pertumbuhan fisik dan perkembangan anak, serta menciptakan berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor risiko utama kelahiran anak dengan Down syndrome adalah ibu hamil di usia tua.

Selain itu, terdapat berbagai faktor risiko pada kehamilan dan tanda khas yang dapat diamati pada anak yang menderita Down syndrome. Mari simak selengkapnya bersama dr. Isvarani Devana Irawan, Sp.A melalui kanal Youtube Siloam Hospitals berikut ini.

Apa itu Down Syndrome?

 BACA JUGA:Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Pakai Baby Oil untuk Kulit Bayi

Down syndrome adalah suatu kondisi kelainan genetik yang disebabkan karena pembelahan sel abnormal, sehingga menyebabkan terbentuknya lebih banyak material genetik pada kromosom 21. Seiring berjalannya waktu, anak yang mengidap down syndrome tidak hanya mengalami kelainan fisik, tetapi juga mengalami kelainan mental.

Penyebab Down Syndrome

Seperti yang sudah diketahui, down syndrome merupakan kelainan genetik. Kondisi ini dapat menyebabkan fungsi organ serta pertumbuhan pada anak menjadi tidak normal. Berikut ini terdapat beberapa penyebab down syndrome yang penting diketahui.

• Keturunan: Faktor utama yang dapat meningkatkan risiko anak mengidap Down syndrome adalah faktor keturunan. Apabila salah satu atau kedua orang tua mengidap Down syndrome, maka tinggi kemungkinan anak mereka juga akan menderita Down syndrome. Hal itu dapat terjadi karena adanya level genetik, di mana kromosom pada orang tua memberikan pengaruh besar pada kromosom sang anak.

BACA JUGA:Dampak Mengisap Jempol pada Bayi dan Cara Menghentikannya

• Hamil di usia tua: Kehamilan pada wanita usia tua atau di atas 35 tahun dapat meningkatkan resiko hingga 4x lipat untuk anak mengalami Down syndrome. 

Tanda-Tanda Anak Down Syndrome

Sebenarnya, anak dengan Down syndrome bisa didiagnosis berdasarkan beberapa ciri khasnya. Berikut tanda-tanda khas yang dapat diamati pada anak yang mengalami Down syndrome.

1. Fascias Down syndrome

Sumber: