Mencari Keseimbangan, Berapa Idealnya Konsumsi Daging Ayam bagi Kesehatan?

Mencari Keseimbangan, Berapa Idealnya Konsumsi Daging Ayam bagi Kesehatan?

--

SILAMPARITV.CO.IDDaging ayam merupakan sumber protein hewani yang populer dan sering dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Daging Ayam Kaya akan protein, vitamin, dan mineral, daging ayam dapat menjadi bagian penting dari pola makan sehat. 

Namun, seperti halnya dengan segala jenis makanan, konsumsi daging ayam juga perlu diatur dengan bijak agar memberikan manfaat optimal bagi kesehatan tubuh.

1. Asupan Protein yang Penting

Protein adalah nutrisi esensial yang diperlukan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, menghasilkan enzim dan hormon, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

BACA JUGA:Dampak Berat Mempunyai Hobi Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Daging ayam dikenal sebagai salah satu sumber protein hewani yang rendah lemak dan tinggi nutrisi. Dengan mengonsumsi daging ayam, Anda dapat memperoleh asam amino penting yang dibutuhkan tubuh.

2. Kandungan Nutrisi dalam Daging Ayam

Selain protein, daging ayam juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, selenium, fosfor, dan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B12. 

Zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh, sedangkan selenium berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Suka Pedas? Mengenal Tahu Gejrot, Makanan Khas Jawa Barat yang Membuat Lidah Gemetaran

3. Pentingnya Keseimbangan dan Porsi yang Tepat

Meskipun daging ayam memberikan berbagai manfaat kesehatan, konsumsinya perlu diatur dengan bijak.

Menurut panduan gizi, porsi daging ayam yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam satu porsi makan adalah sekitar 3-4 ons atau sekitar 85-113 gram.

Mengonsumsi lebih dari itu dalam satu porsi makan dapat meningkatkan asupan kalori dan lemak jenuh, yang dapat berkontribusi pada risiko penyakit jantung dan obesitas.

Sumber: