5 Kuliner Surabaya, Wajib Coba Ketika Berkunjung Kesana

5 Kuliner Surabaya, Wajib Coba Ketika Berkunjung Kesana

rujak cingur, makanan khas surabaya--

SILAMPARITV.CO.IDSiapa di antara Anda yang pernah berkunjung ke kota heroik Surabaya? Jika ya, Anda pasti tahu kalau Surabaya terkenal tidak hanya karena kekayaan sejarahnya, tapi juga kulinernya yang unik. 

Dari pedas hingga manis, Surabaya punya banyak hal yang bisa dinikmati. Nah kali ini kami akan mengulas 5 kuliner di Surabaya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kulinernya yang menggiurkan!

1. Rawon

Rawon merupakan salah satu kuliner ikonik Surabaya yang wajib Anda coba. Hidangan ini berupa semangkuk kuah kental berwarna hitam yang terbuat dari campuran bumbu, daging sapi, dan kacang keluaki. 

BACA JUGA:Wajib Coba! Ikan Salai Khas Muara Enim, Sumatera Selatan

Rawon biasanya disajikan dengan nasi dan ditemani dengan telur asin, kacang-kacangan, dan keripik. Rasanya asin, nikmat dan mempunyai aroma yang khas. Anda pasti akan jatuh cinta dengan hidangan ini.

2. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah masakan yang terdiri dari potongan daging cingur (makanan yang terbuat dari hidung sapi), lalapan, tahu, dan lontong yang dicelupkan ke dalam saus kacang pedas. 

Rasa pedas, asin dan segar dari rujak cingur ini sungguh menggoda lidah. Jika Anda menyukai makanan pedas, Anda wajib mencoba hidangan ini.

BACA JUGA:Unik! Inilah Ampo Makanan yang Terbuat dari Tanah, Khas Tuban

3. Lontong Balap

Lontong Balap merupakan hidangan tradisional Surabaya yang populer. Hidangan ini terdiri dari lontong (ketan yang dibungkus daun pisang), tahu goreng, kacang panjang, miju-miju (kedelai) dan sambal kacang asin. 

Semuanya dicelupkan ke dalam peti (sambal udang khas Surabaya) dan digoreng dengan bawang bombay. Rasanya sungguh lezat dan cocok untuk sarapan atau sebagai camilan.

4. Soto Ayam

Sumber: