6 Cara Ampuh Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

6 Cara Ampuh Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

ilustrasi atasi wajah berminyak--freepik

BACA JUGA:Peringatan! Inilah 8 Resiko Puasa Tanpa Sahur Bagi Kesehatan

2. Gunakan riasan tipis

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan riasan tipis setiap hari, salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan alas bedak.

Pasalnya produk jenis tersebut dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi minyak di wajah. Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, sebaiknya pilih produk riasan berbahan dasar air dan oil atau pengontrol minyak.

3. Memilih produk perawatan kulit sesuai jenis kulit

BACA JUGA:5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cepat

Sebelum menggunakan produk perawatan wajah, pastikan Anda mengenali jenis kulit wajah Anda dengan benar. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat.

Apakah jenis kulit berminyak tetap perlu menggunakan pelembab? Banyak orang yang menganggap wajah berminyak tidak memerlukan pelembab. Padahal, wajah yang berminyak tetap membutuhkan hidrasi yang baik, salah satunya adalah penggunaan pelembap secara rutin.

4. Menggunakan tabir surya

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan tabir surya secara rutin, terutama saat ingin beraktivitas di luar ruangan. Untuk mencegah timbulnya jerawat, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan mengandung titanium dioksida atau seng oksida.

BACA JUGA:Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk? Ketahui Faktanya!

Fitur pelindung matahari melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan yang dapat membuat kulit kusam, berminyak, dan rentan berjerawat. Tabir surya yang direkomendasikan untuk kulit wajah berminyak adalah yang berbentuk gel dan tidak mengandung pewangi.

5. Kurangi penggunaan produk yang mengandung exfoliant

Penggunaan produk yang mengandung exfoliant secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering. Hal ini menyebabkan kelenjar kulit memproduksi lebih banyak sebum untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu, penggunaan produk eksfoliasi yang terlalu sering juga meningkatkan risiko iritasi pada wajah.

Solusinya adalah dengan menggunakan produk eksfoliasi seminggu sekali yang diimbangi dengan perawatan wajah berminyak lainnya.

Sumber: