6 Alasan Eksfoliasi Wajah dan Cara Mengatasinya yang Benar

6 Alasan Eksfoliasi Wajah dan Cara Mengatasinya yang Benar

ilustrasi eksfoliasi wajah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPada dasarnya eksfoliasi adalah proses alami tubuh untuk menghilangkan kulit mati. 

Namun, kulit wajah yang terlalu sering atau terlalu banyak mengelupas patut diwaspadai, karena bisa jadi merupakan tanda peradangan atau masalah kulit lainnya.

Apakah kulit wajah mengelupas berbahaya? Tergantung penyebab dan seberapa parah pengelupasannya. 

Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu beberapa penyebab wajah mengelupas dan cara mengobatinya pada artikel berikut ini.

BACA JUGA:7 Makanan Berlemak Buruk yang Harus Dihindari

Penyebab kulit wajah mengelupas

Penyebab kulit wajah mengelupas cukup beragam, bisa jadi karena untuk digunakan dari produk perawatan wajah yang tidak tepat, sinar matahari dan banyak lagi. Kondisi ini terkadang dapat menyebabkan kulit terasa gatal, iritasi, dan merah.

Secara umum berikut penjelasan beberapa penyebab kulit wajah mengelupas yang perlu Anda ketahui:

1. Kulit wajah kering

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warna Lipstik untuk Bibir Gelap, Cek di Sini!

Penyebab utama kulit wajah terkelupas adalah kulit kering. Kondisi ini dapat menyebabkan sel-sel kulit saling menempel dan akhirnya pecah. Kulit kering biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembapan wajah atau paparan udara panas, kering, atau dingin.

Kulit kering biasanya bukan merupakan kondisi yang berbahaya. Namun, kulit kering yang tidak kunjung sembuh harus ditangani karena dapat disebabkan oleh masalah kulit yang serius seperti iktiosis (masalah kulit bawaan atau akibat kelainan genetik).

2. Sunburn

Sunburn juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit wajah mengelupas. Pasalnya, paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah yang ditandai dengan kulit terasa nyeri saat disentuh, merah, pecah-pecah, atau berdarah. Jika Anda mengalami kondisi ini dan gejala tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter.

Sumber: