6 Alasan Eksfoliasi Wajah dan Cara Mengatasinya yang Benar

6 Alasan Eksfoliasi Wajah dan Cara Mengatasinya yang Benar

ilustrasi eksfoliasi wajah--freepik

BACA JUGA:Sehat Tanpa Obat, Ini dia 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

3. Menggunakan obat jerawat

Menggunakan obat jerawat juga dapat menyebabkan pengelupasan pada wajah, seperti penggunaan obat jerawat yang mengandung retinol. Produk yang mengandung retinol seringkali dapat menyebabkan kekeringan di sekitar hidung dan mulut.

Obat topikal seperti sulfa (sejenis antibiotik), asam salisilat, dan benzoil peroksida juga diketahui dapat melawan jerawat. -menciptakan bakteri yang juga dapat menyebabkan kulit wajah berjerawat, kering dan bersisik, terutama bagi yang memiliki kulit wajah sensitif. Itu sebabnya penting untuk menggunakan pelembab wajah setelah menggunakan retinol atau obat jerawat topikal untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

4. Hipertiroidisme

BACA JUGA:Berikut 6 Penyebab Jerawat Gatal dan Cara Mengobatinya

Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Hal ini menyebabkan proses metabolisme terganggu dan menimbulkan beberapa gejala seperti wajah kering dan pengelupasan kulit.

5. Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab wajah mengelupas dan nyeri tekan. Hal ini bisa terjadi karena kulit bersentuhan dengan zat penyebab alergi.

Reaksi alergi biasanya disertai ruam, gatal, kemerahan bahkan melepuh. Jika Anda mengalami kondisi ini, segera konsultasikan kepada dokter mengenai kondisi ini.

BACA JUGA:Pelajari Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Alergi Dingin

6. Masalah kulit lainnya

Selain penyebab yang disebutkan di atas, kulit wajah bersisik juga dapat disebabkan oleh masalah kulit lainnya, seperti:

• Infeksi bakteri atau jamur.

• Psoriasis (radang kulit yang menimbulkan bercak kulit timbul bercak putih bersisik yang menebal, gatal, dan mudah terkelupas).

Sumber: