Sederet Penyebab GERD yang Sering Tak Disadari, Termasuk Rebahan Sesudah Makan

Sederet Penyebab GERD yang Sering Tak Disadari, Termasuk Rebahan Sesudah Makan

Sederet Penyebab GERD yang Sering Tak Disadari, Termasuk Rebahan Sesduah Makan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDGastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi kronis di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman seperti rasa panas di dada (heartburn), regurgitasi makanan, dan kesulitan menelan. Meskipun penyebab umum GERD sudah banyak dikenal, seperti obesitas, kehamilan, dan hernia hiatus, ada beberapa faktor lain yang sering kali tidak disadari bisa memicu atau memperburuk GERD. Berikut ini adalah sederet penyebab GERD yang sering tak disadari.

1. Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur, seperti makan dalam porsi besar atau makan terlalu cepat, dapat memicu GERD. Makan dalam porsi besar dapat meningkatkan tekanan pada perut, sementara makan terlalu cepat bisa membuat Anda menelan udara lebih banyak, yang dapat menyebabkan perut kembung dan memperburuk gejala GERD.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu atau memperburuk GERD, termasuk:

BACA JUGA:4 Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahannya

• Makanan pedas dan berlemak: Makanan pedas dan berlemak dapat mengiritasi lapisan lambung dan kerongkongan.

• Cokelat dan mint: Kedua makanan ini dapat merelaksasi sfingter esofagus bagian bawah (LES), sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan.

• Minuman berkarbonasi dan berkafein: Minuman berkarbonasi dapat meningkatkan tekanan dalam perut, sementara kafein dapat merelaksasi LES.

3. Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan dapat mempengaruhi fungsi pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung. Orang yang mengalami stres kronis atau kecemasan mungkin lebih rentan terhadap GERD.

BACA JUGA:Risiko Penyakit akibat Anak Terlalu Banyak Konsumsi Gula

4. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan dapat mempengaruhi fungsi LES atau meningkatkan produksi asam lambung, termasuk:

Sumber: