Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

ilustrasi insecure--freepik

3. Perfeksionisme

BACA JUGA:Beberapa Jenis Kopi yang Aman untuk Maag dan Lambung, Ternyata Kopsus juga Sangat Bagus Dikonsumsi

Perfeksionisme adalah sifat seseorang yang memiliki standar tinggi dalam berbagai bidang kehidupan. Jika sifat perfeksionis ini tidak dipupuk dengan baik, ia akan menyalahkan dirinya sendiri ketika gagal mencapai sesuatu sehingga menimbulkan perasaan tidak aman.

4. Praktik pengasuhan yang tidak tepat pada masa kanak-kanak

Tanpa sepengetahuan orang tua, praktik pengasuhan yang tidak tepat juga dapat meningkatkan rasa tidak aman pada anak. Jika tidak mendapat kasih sayang dari orang tua, anak akan merasa minder, cemas, dan kurang percaya diri.

Ciri-ciri insecure

BACA JUGA:Berikut Resep Herbal untuk Mengobati Penyakit Amandel

Ciri utama orang insecure adalah rasa cemas dan ragu pada diri sendiri. Selain itu, ada tanda-tanda lain yang menandakan seseorang sedang mengalami rasa tidak aman yaitu:

1. Harga diri yang rendah

Harga diri yang rendah adalah tanda umum rasa tidak aman. Ketika seseorang memiliki harga diri yang rendah, ia berpikir buruk dan tidak percaya pada kemampuannya. Kondisi ini pun membuat seseorang lebih memilih menyendiri dan menarik diri dari lingkungan sosial.

2. Hindari hubungan dekat dengan orang lain

BACA JUGA:Khasiat Mengkonsumsi Yogurt Campur Madu untuk Membuat Kulit Glowing

Orang yang mengalami rasa tidak aman biasanya sulit membuka diri dan membangun hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, orang yang merasa tidak aman memilih untuk menghindari hubungan sosial yang lebih intim.

3. Kekhawatiran Berlebihan

Orang yang merasa tidak aman khawatir terhadap sesuatu yang belum terjadi dan stres terhadap berbagai aspek kehidupan seperti karier, hubungan, kondisi keuangan, dll. Jika dibiarkan, perasaan cemas ini dapat menyebabkan stres dan depresi.

Sumber: