Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

ilustrasi insecure--freepik

4. Perfeksionisme

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Rasa tidak aman sering kali membuat Anda merasa tidak puas dengan pencapaian pribadi Anda. Akibatnya, ia menjadi perfeksionis dan ingin menyempurnakan segalanya untuk memuaskan dirinya.

Dampak insecure terhadap kesehatan mental

Meski lumrah, namun perasaan insecure tidak boleh dibiarkan terus-menerus, karena bisa berdampak negatif. memengaruhi. pada dirinya sendiri. Seseorang yang mengalami insecurity merasa tidak berharga, tidak mau bersosialisasi, dan mudah stres.

Selain itu, insecurity yang tidak ditangani dengan baik juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, gangguan makan, bahkan depresi.

BACA JUGA:Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa, Ini Alasannya

Cara mengatasi rasa tidak aman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rasa tidak aman tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan gangguan mental. Oleh karena itu penting bagi setiap orang untuk segera mengatasi ketidakpastian tersebut dengan hal-hal positif seperti:

1. Cintai diri sendiri

Salah satu cara mengatasi rasa tidak aman adalah dengan mencintai diri sendiri (self-love). Hal ini bisa dilakukan dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Hindari juga kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain yang dapat menurunkan harga diri Anda.

BACA JUGA:Inilah 7 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

2. Ubah kegagalan menjadi motivasi

Saat Anda gagal, ubah perspektif Anda dan jadikan itu motivasi Anda. Terimalah bahwa kegagalan dapat dijadikan pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Tingkatkan harga diri Anda

Sumber: