Prediksi BMKG Hari Ini, Selasa 23 April 2024: Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Prediksi BMKG Hari Ini, Selasa 23 April 2024: Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Ilustrasi cuaca buruk--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPrediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini, Selasa (23/4) akan terjadi hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia. 

Menurut peringatan dini cuaca yang dimuat dalam situs BMKG, dimana Selasa pagi, hujan lebat itu diperkirakan terjadi di 29 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, dan Banten.

Berikutnya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, DKI JakartaNusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, ada juga Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA:PLN Berikan Dukungan untuk Pengembangan Voli di Tanah Air, Siap Saksikan PLN Mobile Proliga 2024!

Kemudian, BMKG juga mengantisipasi agar masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku. 

Berikutnya, BMKG juga memprakirakan ada sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan lebat, seperti banjir.  

Wilayah tersebut meliputi Aceh, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya adalah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua. 

BACA JUGA:Efek Narkotika Jenis Sabu, Oknum Ayah di Jawa Timur Ini Tega Banting Anaknya Yang Masih Berusia 6 Hari

Berdasarkan prakiraan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Cakra Mahasurya, potensi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah di Indonesia, terutama Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sumatera Utara.

Menurutnya, hal tersebut adanya salah satu faktor yang dipengaruhi oleh Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di wilayah Indonesia dan kemudian tidak aktif hingga akhir April 2024. 

"MJO aktif berkaitan dengan potensi peningkatan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah NTB," terangnya.

BACA JUGA:Erajaya Active Lifestyle Bawa DJI Avata 2 dan Pendukungnya ke Indonesia

Sumber: