Ini Dia 5 Tips Menanam Kopi Agar Cepat Berbuah, Panduan Lengkap!

Ini Dia 5 Tips Menanam Kopi Agar Cepat Berbuah, Panduan Lengkap!

Ilustrasi Panen Kopi--

BACA JUGA:Masyarakat Geram, Jalan Bekas Galian IPAL Sei Selayur Kalidoni: Dari Kolam Parodi Hingga Tuntutan Perbaikan

* Pemupukan: Berikan pupuk tambahan secara bertahap tergantung kebutuhan tanaman, Pupuk Urea, SP36, dan KCL dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan vegetatif dan pembungaan.

* Pemangkasan: Memangkas cabang dan ranting yang tidak produktif untuk mendorong pertumbuhan tunas baru dan pembungaan.,

* Penyiraman: Sirami tanaman kopi secara rutin, terutama pada musim kemarau. Namun, hindari menyiram secara berlebihan untuk mencegah pembusukan akar.

* Pengendalian Hama dan Penyakit: Mencegah dan mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman kopi dengan cara yang aman dan ramah lingkungan.

5. Waktu Panen Kopi  

* Robusta: Kopi Robusta biasanya mulai berbuah dua hingga tiga tahun setelah ditanam,Pemanenan dilakukan setiap 3-4 bulan sekali.

* Arabika: Kopi Arabika biasanya mulai berbuah tiga sampai empat tahun setelah ditanam, Pemanenan dilakukan setiap 6-8 bulan sekali.

Tips mempersingkat waktu panen kopi 

BACA JUGA:Tabur Garam di Lantai Kamar Mandi Ternyata Ada Manfaatnya, Ini dia Perubahannya!

* Pilih varietas kopi yang masaknya lebih awal: Beberapa varietas kopi, seperti Robusta Unggul, diketahui memiliki masa panen yang singkat.

* Perawatan intensif: memberikan perawatan yang tepat dan optimal untuk mendorong pertumbuhan dan pembungaan tanaman kopi Anda.

* Pemangkasan pucuk air: Pangkas pucuk air yang tumbuh dari batang utama kopi untuk menyalurkan energi tanaman ke bunga.

* Catatan penting: Meski ada tips mempersingkat waktu panen, kami tetap fokus pada kualitas dan kesehatan tanaman kopi.

BACA JUGA:Efek Narkotika Jenis Sabu, Oknum Ayah di Jawa Timur Ini Tega Banting Anaknya Yang Masih Berusia 6 Hari

Sumber: