Bitcoin Diprediksi Bakal Masuk Pertumbuhan Intens Usai Alami Having ke Empat

Bitcoin Diprediksi Bakal Masuk Pertumbuhan Intens Usai Alami Having ke Empat

BTC Halving ke empat--

SILAMPARITV.CO.ID - Jaringan Bitcoin mengalami halving keempat pada malam tanggal 20 April lalu.

Dampaknya sangat signifikan karena proses ini memiliki dampak luas pada seluruh ekosistem mata uang kripto, bukan hanya bagi para pemegang Bitcoin.

BACA JUGA:Mengenal 9 Naga, Sosok Penguasa Ekonomi Indonesia

Halving Bitcoin tahun 2024, yang telah dinantikan oleh para investor kripto selama empat tahun terakhir, telah berlangsung.

Hadiah per blok telah dikurangi dari 6,25 BTC menjadi 3,215 BTC. Proses pemotongan berikutnya dijadwalkan akan terjadi pada tahun 2028, yang akan mengurangi hadiahnya menjadi 1,5625 BTC.

BACA JUGA:Usai Rilis Data Kinerja Ekonomi AS Rupiah Tergelincir

Selanjutnya, diperkirakan bahwa Halving ke-64 akan terjadi sekitar tahun 2140, yang menunjukkan bahwa pada saat itu, 21 juta koin Bitcoin telah ditambang, dan penerbitan Bitcoin baru akan dihentikan.Setelah periode tersebut, para penambang akan dihadapkan pada tantangan untuk mencari cara baru untuk mendapatkan keuntungan di dalam dunia kripto.

BACA JUGA:Kementrian Keuangan Memproyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Periode Kuartal I Sebesar 5,17%

Pengaruh dari Halving terhadap Harga Bitcoin juga menjadi perhatian besar. Saat ini, nilai tukar Bitcoin berada di sekitar USD 65.000. Banyak analis memprediksi bahwa Halving akan memicu kenaikan harga BTC dalam jangka panjang. Secara historis, setiap kali Halving terjadi, harga Bitcoin mencapai puncak baru dalam siklus pasar tersebut.

BACA JUGA:Indonesia Harus Mengambil Resiko Biaya Ekonomi Tinggi Tahun 2024

Misalnya, setelah Halving pertama pada akhir tahun 2013, Bitcoin mencapai harga USD 1.200. Siklus pasar berikutnya mencapai puncaknya di USD 20.000 per Bitcoin pada akhir tahun 2017, dan naik lagi menjadi USD 69.000 pada akhir tahun 2021 sebelum mengalami penurunan.

BACA JUGA:Lagi – Lagi Suku Bunga BI Naik, Apa Dampak Bagi Ekonomi Indonesia 2024 ?

Namun, dalam enam bulan terakhir, harga BTC telah meningkat sekitar 140 persen. Dalam periode yang sama, harga Ethereum, mata uang kripto terbesar kedua, hanya meningkat sebesar 85 persen.

BACA JUGA:Anti Ribet ! Begini Panduan Cara Pengajuan KUR BRI Lewat HP

Sumber: