4 Mei Memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional

4 Mei Memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional

ilustrasi petugas pemadam kebakaran--

SILAMPARITV.CO.ID - Pada tanggal 4 mei memperingati International Firefighters Day atau Hari Pemadam Kebakaran Internasional. Tujuan diadakannya hari tesebut sebagai bentukl penghormatan dan penghargaan kepada para petugas pemadam kebakaran atas jasa-jasa yang telah mereka beri.

Dikutip dari situs resmi International Firefighters Day (IFFD), Hari Pemadam Kebakaran Internasional adalah waktu dimana seluruh masyarakat dunia dapat ,menghormati dan mengakui pengorbanan yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran untuk memastikan keamanan lingkungan.

Pada Hari Pemadam Kebakaran Internasional, masyarakat bisa mengenakan dan memaerkan pita merah dan biru yang disematkan bersama lalu berpartisipasi dalam acara peringatannya. Hal ini guna menunjukan rasa terimakasih kita kepada seluruh petugas pemadam kebakaran yang ada di seluruh dunia.

Pita IFFD dikaitkan dengan warna yang melambangkan elemen utama yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran, yaitu biru untuk air dan merah untuk api. Warna tersebut juga diakui secara internasional mewakili layanan darurat.

BACA JUGA:Viral! Wanita Berusia 27 Tahun Lahirkan 6 Bayi Kembar dalam 1 Jam

Tidak hanya itu, ada waktu khusus untuk merenungkan pengorbanan yang sudah dilakukan petugas pemadam kebakaran pada minggu pertama bulan Mei saat Hari Pemadam Kebakaran Internasional.

Saat itu, sirine kebakaran akan berbunyi selama 30 detik diikuti dengan mengheningkan cipta selama 1 menit untuk mengenang dan menghormati semua petugas pemadam kebakaran yang telah gugur dalam menjalankan tugas.

Hari Pemadam Kebakran Internasional tanggal 4 Mei  dikaitkan dengan hari raya St. Florian (santo pelindung semua petugas pemadam kebakaran). St. Florian adalah komandan pertama yang diketahui berasal dari satu regu pemadam kebakaran di Kekaisaran Romawi.

BACA JUGA:Wah! Ini dia Deretan 3 Negara yang Siap Hadapi Perang Dunia 3

St. Florian kehilangan nyawanya serta rekan-rekannya karena melindungi ide-ide manusiawi yang sama dan dibagikan oleh petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia bahkan hingga hari ini. Petugas pemadam kebakaran di sebagian besar negara Eropa merayakan hari mereka pada tanggal 4 Mei sebagai 'Hari Pemadam Kebakaran' serta Hari St. Florian.

Selain sebagai Hari Pemadam Kebakaran Internasional, tanggal 4 Mei juga dikenal sebagai Hari St. Florian di seluruh dunia dan telah menjadi tradisi selama lebih dari 150 tahun di Eropa.

Sumber: