Prediksi BMKG Pada 7-8 Mei 2024, Berikut Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hingga Angin Kencang

Prediksi BMKG Pada 7-8 Mei 2024, Berikut Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hingga Angin Kencang

ilustrasi cuaca ekstrem berdasarkan prediksi bmkg--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPada tanggal 7-8 Mei 2024 ada beberapa wilayah yang diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi alami hujan lebat hingga angin kencang.

Dijelaskan oleh BMKG bahwa cuaca ekstrem tersebut dikarenakan adanya Bibit Siklon Tropis 91P yang terpantau tengah berada di Laut Arafuru.

Perkembangan siklon tersebut membentuk wilayah kecepatan angin rendah (konvergensi) yang memanjang di sekitar Laut Arafuru dan Laut Aru sehingga menyebabkan peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low jet) dari Danau Arafuru memanjang ke arah tenggara.

Selain itu, terdapat sirkulasi siklon di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, Laut Banda, perairan utara Kalimantan Barat, dan Samudera Pasifik Utara Papua.

BACA JUGA:Mahasiswa Katolik Digeruduk Saat Berdoa Rosario, Polres Tangsel Intensifkan Penyelidikan

Sirkulasi tersebut membentuk wilayah konvergensi yang membentang dari sekitar Samudera Hindia sebelah barat Sumatera hingga Kalimantan bagian barat dan dari Laut Banda hingga Laut Maluku.

Sirkulasi siklon juga banyak membentuk zona perjumpaan angin (konfluensi) di pantai barat mulai dari Sumatera Utara hingga Sumatera Barat dan dari Maluku Utara hingga Papua Utara.

Wilayah konvergensi tambahan teramati mulai dari Riau hingga Sumatera Barat,  Laut Natuna, Sulawesi Tengah hingga Laut Sulawesi, Sulawesi Tenggara, dan perairan sekitar Maluku bagian utara hingga pesisir utara Papua Barat.

BACA JUGA:Kepergok Mencuri CD Wanita, Penjual Siomay Mengaku Curinya untuk Kepuasan Nafsu

Kondisi tersebut dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar inti siklon tropis, di sepanjang sirkulasi siklon, dan di sepanjang wilayah konvergensi/penggabungan, demikian bunyi pernyataan BMKG.

Selain itu, peningkatan kecepatan angin hingga 25 knot atau lebih juga terjadi di Laut Arafuru dan Samudera Hindia barat daya Pulau Banten, yang dapat menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga angin kecang dan juga petir, menurut BMKG pada Selasa, 7 Mei 2024:

BACA JUGA:Akibat Madinah Banjir Hebat, Ini Aturan yang Dikeluarkan Saudi untuk Haji 2024

- Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat,  Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,

Sumber: