6 Sayuran yang Harus Dihindari Saat Hamil

6 Sayuran yang Harus Dihindari Saat Hamil

--

SILAMPARITV.CO.ID- Selama masa kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan mereka demi kesehatan diri dan bayi yang sedang dikandung.

 Meskipun sayuran umumnya merupakan bagian penting dari pola makan sehat, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena alasan tertentu. 

Berikut adalah enam sayuran yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil

1. Terong

BACA JUGA:5 Persiapan Penting Sebelum Menikah untuk Membangun Rumah Tangga Awet

Terong mengandung solanine, senyawa yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan saraf. Meskipun jumlah solanine yang terkandung dalam terong umumnya kecil, sebaiknya ibu hamil menghindarinya atau memasaknya dengan baik untuk mengurangi risiko.

2. Daun Singkong

Daun singkong mengandung kadar asam sianida yang tinggi, terutama jika dimakan mentah atau kurang dimasak. Asam sianida dapat berpotensi merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan masalah pada janin.

3. Kubis

BACA JUGA:Rekomendasi Sunscreen Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

Kubis dan sayuran cruciferous lainnya seperti brokoli dan kembang kol mengandung senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, glukosinolat dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid dan memengaruhi perkembangan janin.

4. Sawi

Sawi, terutama sawi hijau, mengandung senyawa yang disebut tiocianat, yang dapat menghambat penyerapan yodium oleh kelenjar tiroid. Gangguan pada kelenjar tiroid dapat memengaruhi perkembangan janin.

5. Kubis Brussel

Sumber: