2.505 ASN Siap Dipindahkan ke Ibu Kota Negara, Langkah BKN Menuju Pemindahan Kementerian ke IKN

2.505 ASN Siap Dipindahkan ke Ibu Kota Negara, Langkah BKN Menuju Pemindahan Kementerian ke IKN

--

SILAMPARITV.CO.ID - Menurut Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto, sebanyak 2.505 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 25 instansi telah menyatakan kesiapannya untuk dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN). 

Dari total 38 kementerian, 25 di antaranya telah menyatakan kesiapannya untuk pindah ke IKN, dan hal ini telah dilaporkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

BACA JUGA:Merajut Silaturahmi Lebaran: Pemerintah Sumsel Gelar Mudik Gratis Akbar 2024

Haryomo menjelaskan bahwa pemindahan ASN ini telah melalui proses penilaian potensi dan kompetensi yang dilakukan oleh BKN sejak tahun 2022. 

Hasil dari penilaian ini akan disampaikan kepada Menteri PAN & RB untuk digunakan sebagai dasar kebijakan dalam mempercepat proses pemindahan ke IKN.

BACA JUGA:Siap-siap Jauh Hari, Begini Cara Menentukan Jadwal Penukaran Uang Tunai Baru di Bank untuk Persiapan Lebaran

BKN juga melakukan pengendalian terhadap penugasan ASN ke IKN yang dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) agar sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang telah ditetapkan. 

Selain itu, BKN juga bertanggung jawab atas pengelolaan, monitoring, dan evaluasi yang menjadi dasar kebijakan pimpinan serta melaporkannya kepada Kementerian PAN & RB.

BACA JUGA:Operasi Penyelundupan Batubara Terbongkar: Polda Sumsel Gagalkan Pengangkutan Ilegal 142 Ton

Haryomo menambahkan bahwa BKN telah melaksanakan beberapa program kegiatan untuk mendukung pemindahan ASN ke IKN, dan kebijakan secara umum akan diumumkan oleh Menteri PANRB. BKN berharap agar proses pemindahan ini dapat dilakukan dengan segera.

Terkait dengan tunjangan pionir, Haryomo menegaskan bahwa komponen hitungannya telah siap, dan pengumumannya akan dilakukan oleh Menteri PANRB.

BACA JUGA:Harga Beras Susah Turun, Begini Kata Bos BULOG

Sumber: