2 Jemaah Calon Haji Embarkasi Palembang Meninggal di Madinah, Salah Satunya Warga Lubuklinggau

2 Jemaah Calon Haji Embarkasi Palembang Meninggal di Madinah, Salah Satunya Warga Lubuklinggau

Jemaah Calon Haji Sumsel kloter 12 asal OKU, Palembang--MCH Embarkasi Palembang

SILAMPARITV.CO.IDKabar duka dari Tanah Suci kembali datang dari Dermaga Palembang. 

Calon Haji Golongan 9 Kabupaten OKU Selatan, Sayuti Amir Hasan (65) meninggal dunia di Madinah pada Sabtu (25/05/2024) pukul 18.20 WIB. 

Almarhum dimakamkan di Pemakaman Baq di Amdinah pada Minggu (26 Mei 2024) pagi usai salat subuh.

Direktur Kanwil Kementerian Agama Sumsel Syafitri Irwan menyampaikan duka cita atas meninggalnya almarhum.

BACA JUGA:Kecelakaan di Palembang Tewaskan Pemotor Akibat Terlindas Truk

Syafitri mewakili unsur PPIH Embarkasi Palembang menyampaikan belasungkawa.

Almarhum mendapat hak sebagai jamaah haji, yaitu dia diperbolehkan menunaikan ibadah haji dan menerima asuransi.

“Kami turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Insya Allah almarhum meninggal secara husnul khotimah saat dalam perjalanan menunaikan ibadah haji. Pemerintah telah menyiapkan program Badal Haji dalam setiap penyelenggaraan haji. “Program ini merupakan bagian dari program Badal Haji. layanan yang disiapkan untuk jemaah yang memenuhi kriteria,” kata Syafitri dalam keterangan tertulis.

Syafitri menambahkan: Sesuai aturan, ada tiga kloter jemaah yang boleh menunaikan ibadah haji. Pertama, jemaah haji yang meninggal di Asrama Haji Embarkasi atau Antara Embarkasi Antara dalam perjalanan menuju Arab Saudi atau di sana sebelum wukuf di Arafah. Kedua, jemaah sakit dan tidak bisa bersafari. Ketiga, umat paroki dengan gangguan kesehatan jiwa.

BACA JUGA:Tiga Raperda Disepakati Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Sementara itu, Kepala Bagian Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sumsel Armet Dachil mengatakan, sejauh ini sudah ada dua jemaah haji yang meninggal dunia di Dermaga Palembang Arab Saudi, yakni Yusman Irawan (64) dari Lubuklinggau Kelompok 2 dan Sayuti Amir Hasan (65) dari OKU Selatan yakni dari cluster ke-9.

Sementara itu, dua orang yakni Nurseha Umar (52) dari Klaster 2 Palembang dan Umiyana Saibi Umar (40) dari Klaster 5 Babel termasuk di antara jamaah yang meninggal dunia setelah naik namun belum berangkat ke Tanah Suci.

“Kami doakan semoga jemaah haji Embarkasi Palembang lainnya diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menyelesaikan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan gelar Haji Mabrur,” kata Armet.

Sementara itu, 449 jemaah dari Grup 12 OKU, Palembang dan Muaraenim Grup 12 tiba di Estate Haji Sumsel.

Sumber: