Menjaga Kesehatan Hewan Ternak Kunci Utama Menuju Idul Adha yang Aman dan Berkah

Menjaga Kesehatan Hewan Ternak Kunci Utama Menuju Idul Adha yang Aman dan Berkah

--

SILAMPARITV.CO.ID - Menjelang Idul Adha 2024, kabar baik datang dari Sumatera Selatan, di mana stok hewan ternak dipastikan aman. Namun, keamanan ini bukanlah alasan bagi para peternak untuk bersantai. 

Mereka tetap diingatkan untuk memastikan kesehatan hewan ternaknya, demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat yang akan mengonsumsinya.

Salah satu langkah penting yang harus diambil adalah menerapkan pola pengandangan, terutama mengingat ancaman penyakit sapi ngorok yang belum lama ini menimpa Kabupaten OKI.

BACA JUGA:Rayakan Ulang Tahun ke-29 ,Telkomsel Tebar Promo Paket Internet Super Deal, 29 GB Hanya Rp29 Ribu

Ancaman Penyakit Sapi Ngorok

Dalam Fokus Group Discussion yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait di Sumatera Selatan, penyakit sapi ngorok menjadi perbincangan utama.

Disebabkan oleh bakteri Septicaemia Epizootica, penyakit ini menimbulkan kejadian memilukan di beberapa wilayah, terutama di musim penghujan.

Bakteri ini tersebar di kawasan rawa dan mampu bertahan hidup dalam kubangan air selama 10 hari. Penyebarannya yang cepat telah menyebabkan banyaknya kematian hewan ternak, terutama kerbau.

BACA JUGA:Resmi Tayang, Ini Spoiler Demon Slayer S4 Episode 3: Pertarungan Tanjiro vs Tengen

Pentingnya Pencegahan dan Pengendalian

Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel, DR dr Jafrizal MM, menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penyakit ini.

Selain penyakit sapi ngorok, ada juga 18 penyakit hewan lainnya yang perlu diwaspadai, terutama di musim hujan. Fokus pada satu penyakit tidak boleh membuat kita lengah terhadap yang lainnya.

Kehadiran penyakit ini menjadi alarm bagi para peternak untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap kesehatan hewan ternak mereka.

BACA JUGA:5 Fakta Mengenai Hewan Invertebrata, Hewan Tak Bertulang Belakang!

Sumber: