4 Bahan Alami Atasi Kapalan pada Kaki dan Tangan

4 Bahan Alami Atasi Kapalan pada Kaki dan Tangan

ilustrasi kulit telapak kaki kapalan--alodokter

SILAMPARITV.CO.IDKapalan pada kaki dan tangan sering kali disebabkan oleh gesekan atau tekanan yang berkepanjangan, seperti dari sepatu yang tidak nyaman atau aktivitas fisik yang intens. 

Kapalan bisa membuat kulit menjadi keras, kasar, dan tidak nyaman. Menggunakan bahan alami adalah cara yang efektif dan lembut untuk mengatasi masalah ini. 

Berikut adalah empat bahan alami yang dapat membantu mengatasi kapalan pada kaki dan tangan, dilansir dari Healthline, Minggu 1 September 2024:

1. Minyak Kelapa


ilustrasi telapak kaki kapalan--farmaku

BACA JUGA:5 Buah Tinggi Serat yang Bisa Dikonsumsi Saat Sembelit, BAB Kembali Lancar

BACA JUGA:4 Tips Cegah Penyakit Flu dan Batuk di Musim Kemarau

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat baik untuk melembapkan kulit dan mengatasi kapalan. 

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa membantu menjaga kelembapan kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. 

Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pada area kapalan sebelum tidur, lalu kenakan kaus kaki atau sarung tangan untuk menutupi area tersebut. Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat di pagi hari. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

2. Baking Soda

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Sarapan yang Perlu Kalian Hindari, Agar Perut Tidak Buncit

BACA JUGA:Cewek Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab Kamu Sering Sakit Saat Haid

Baking soda adalah bahan alami yang dapat membantu mengelupas kulit mati dan mengurangi kekakuan kapalan. Baking soda memiliki sifat abrasif yang lembut dan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. 

Sumber: