Kenali 7 Cara Halus Trauma di Masa Lalu yang Bisa Memengaruhi Hubungan Anda di Masa Kini

Kenali 7 Cara Halus Trauma di Masa Lalu yang Bisa Memengaruhi Hubungan Anda di Masa Kini

ilustrasi mengenali cara halus trauma di masa lalu--freepik

SILAMPARITV.CO.IDAda hubungan yang kuat antara pengalaman masa lalu dan perilaku kita saat ini. Trauma masa kecil dapat berdampak besar pada hubungan kita di masa dewasa.

Seringkali efek ini tidak kentara, dan kita mungkin tidak tahu apa penyebab sebenarnya. Penelitian psikologis menunjukkan bahwa trauma di masa lalu dapat menciptakan pola bagaimana kita berhubungan dengan orang lain, dan pola ini sulit diubah. 

Dilansir dari laman geediting.com pada Rabu 2 Oktober 2024, 7 cara halus dimana trauma masa kecil Anda mungkin memengaruhi hubungan Anda.

1. Kewaspadaan berlebihan


ilustrasi trauma di masa lalu--freepik

BACA JUGA:3 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat

BACA JUGA:8 Tanda Paling yang Paling Jelas Saat Seseorang Tidak Menyukai Anda

Bukan hal yang aneh jika mereka yang pernah mengalami trauma masa kecil harus waspada. Skala besar ini merupakan mekanisme adaptif yang dikembangkan sebagai respons terhadap lingkungan yang sebelumnya tidak dapat diprediksi atau tidak stabil.

Makhluk hidup yang selalu sadar akan bahaya atau ancaman.Dalam konteks suatu hubungan, dapat diartikan sebagai terlalu berhati-hati atau curiga.

Anda mendapati diri Anda terus-menerus membaca kata-kata atau tindakan pasangan Anda, berharap ditipu atau ditolak. Hal ini dapat menimbulkan masalah tidak hanya bagi Anda, tetapi juga bagi pasangan Anda.

2. Kesulitan mempercayai orang lain

BACA JUGA:Motor Listrik Gesits G1: Dengan 2 Baterai yang Membuat Perjalanan Lebih Jauh

BACA JUGA:3 Langkah Memaafkan Diri Sendiri agar Hidup Lebih Tenang

Kepercayaan adalah fondasi dari hubungan apa pun. Namun, kepercayaan tidaklah mudah bagi orang seperti saya yang pernah mengalami trauma masa kecil.

Sumber: