Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 150 Kurikulum Merdeka: Uji Pemahaman Sejarah Daerah

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 150 Kurikulum Merdeka: Uji Pemahaman Sejarah Daerah--ist
SILAMPARITV.CO.ID - Bagi siswa kelas 4 SD yang sedang mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam Kurikulum Merdeka, Bab 5 berjudul "Cerita Tentang Daerahku" membahas sejarah serta kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Pada halaman 150, terdapat tugas Uji Pemahaman yang meminta siswa untuk menggali informasi tentang sejarah daerah mereka masing-masing.
UJI PEMAHAMAN
A SEJARAH DAERAH
1. Buatlah biodata diri yang memberikan informasi mengenai diri kalian dan dari mana kalian berasal. Cantumkan mulai dari RT,
RW, desa/kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan provinsi.
2. Setelah biodata, tuliskan secara singkat sejarah daerah kalian dahulu!
Jawaban :
1. Contoh Biodata Diri:
BACA JUGA:Jadwal Tayang Acara TV Jumat, 21 Februari 2025: Liga 1, UEFA Europa League, dan Film Bioskop Seru!
BACA JUGA:Mobil Listrik Kian Digemari: Hemat, Canggih, dan Ramah Lingkungan
Nama: Abdul
Alamat: Pemukti Baru
RT/RW: 27/4
Desa/Kelurahan:
Tlogo
Kecamatan: Prambanan
Kota/Kabupaten: Klaten
Provinsi: Jawa Tengah
2. Sejarah Daerahku: Daerah kami memiliki sejarah yang kaya. Dahulu, daerah ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno, yang menghasilkan banyak candi Hindu-Buddha terkenal seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur.
Peninggalan sejarah ini menjadi saksi bisu kemegahan kerajaan dan agama Hindu-Buddha pada masa lalu. Selain itu, daerah kami juga pernah menjadi pusat perdagangan dan pengaruh budaya di Nusantara, yang tercermin dalam seni ukir, arsitektur, dan bahasa yang masih ada hingga saat ini.
Silahkan cantum biodata daerah kalian masing-masing yang sesuai
B. Kekayaan Alam Daerah
Buatlah tabel yang berisi 2 contoh jenis sumber daya serta pemanfaatannya yang ada di daerah kalian.
Jenis sumber daya terdiri dari hewan, tanaman, dan peninggalan sejarah yang berpotensi sebagai sumber daya.
Jawaban :
Hewan: Kambing
- Produksi daging dan susu untuk konsumsi lokal dan dijual di pasar.
- Kulit kambing digunakan dalam pembuatan barang-barang kulit seperti tas dan sepatu.
- Dalam beberapa budaya, kambing juga digunakan dalam upacara adat dan ritual keagamaan.
Tanaman: Kelapa
- Pengambilan air kelapa sebagai minuman segar dan bahan dalam masakan tradisional.
- Ekstraksi minyak kelapa yang digunakan dalam memasak, produk perawatan kulit, dan produk kosmetik.
- Serat kelapa digunakan dalam pembuatan barang-barang seperti tikar dan tali. Peninggalan Sejarah: Candi
- Objek pariwisata yang menarik wisatawan untuk memahami sejarah dan budaya daerah tersebut.
- Candi dapat digunakan sebagai tempat ibadah atau upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.
- Mempertahankan dan melestarikan peninggalan sejarah ini untuk generasi mendatang.
C. Masyarakat Daerah
BACA JUGA:Inovasi Hijau ITPLN Raih Penghargaan Internasional, Sabet Gold Medal di IPITEx 2025
BACA JUGA:Cara Mengajukan Sanggah Hasil Seleksi Adminstrasi PPPK 2024 Tahap 2, Cek Syarat dan Jadwalnya
1. Bagaimana pengaruh bentang alam/kenampakan alam terhadap mata pencaharian masyarakat? Berikan contohnya!
2. Sebutkan masing-masing satu dampak positif dan negatif dari adanya pendatang di daerah!
Jawaban : Pengaruh Bentang Alam/Kenampakan Alam Terhadap Mata Pencaharian Masyarakat:
a. Pertanian: Bentang alam seperti dataran rendah yang subur dan berair memungkinkan pertanian yang produktif. Contohnya, dataran rendah Sungai Nil di Mesir telah mendukung pertanian sejak zaman kuno.
b. Perikanan: Daerah pantai, sungai, dan danau yang kaya akan sumber daya perikanan dapat memberikan mata pencaharian bagi masyarakat yang menggantungkan diri pada penangkapan ikan, seperti komunitas nelayan di pantai-pantai Indonesia.
c. Pariwisata: Kenampakan alam yang indah seperti pantai, pegunungan, dan taman nasional dapat menjadi sumber pendapatan signifikan bagi masyarakat melalui industri pariwisata, seperti yang terjadi di Maldives atau Swiss.
d. Pertambangan: Keberadaan sumber daya alam seperti tambang batu bara, minyak, atau logam berharga dapat menciptakan pekerjaan dan pendapatan bagi masyarakat di daerah yang memiliki sumber daya tersebut, misalnya, pertambangan emas di Ghana.
e. Peternakan: Wilayah berbukit atau dataran tinggi dengan padang rumput yang subur dapat mendukung peternakan hewan ternak dan memberikan mata pencaharian bagi masyarakat peternak.
Dampak Pendatang di Daerah:
2. Dampak Positif:
a. Pertumbuhan Ekonomi: Kedatangan pendatang dapat meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah tersebut, seperti perdagangan lokal, industri, dan layanan, yang dapat menghasilkan pekerjaan dan pendapatan tambahan.
Dampak Negatif:
BACA JUGA:Cek Penetapan NIP dan NI CPNS/PPPK Melalui Mola BKN : Begini Caranya!
b. Persaingan Pekerjaan: Kedatangan pendatang dapat menciptakan persaingan yang lebih ketat untuk pekerjaan lokal, yang dapat membuat sulit bagi penduduk asli untuk mendapatkan pekerjaan atau meningkatkan upah mereka.
Perlu diingat bahwa dampak pendatang di suatu daerah akan sangat bergantung pada konteksnya, termasuk jumlah dan karakteristik pendatang, serta kemampuan daerah tersebut untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi baru. Upaya perencanaan dan integrasi sosial dapat membantu mengurangi dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari kedatangan pendatang di suatu daerah.
BACA JUGA:Gladi Bersih Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Berjalan Lancar Meski Diguyur Hujan
Sumber: