Latihan Soal PPPK Materi Kompetensi Sosio Kultural Terbaru Lengkap dengan Kunci Jawaban

Latihan Soal PPPK Materi Kompetensi Sosio Kultural Terbaru Lengkap dengan Kunci Jawaban

Latihan Soal PPPK Materi Kompetensi Sosio Kultural Terbaru Lengkap dengan Kunci Jawaban--ist

SILAMPARITV.CO.ID - Bagi para calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), memahami materi kompetensi sosio kultural menjadi hal penting dalam proses seleksi. Untuk membantu persiapan ujian, berikut ini disajikan kumpulan contoh soal PPPK terbaru yang mencakup materi kompetensi sosio kultural.

Artikel ini menyajikan sebanyak 25 soal latihan yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman peserta terhadap aspek sosial, budaya, dan kebhinekaan dalam lingkungan kerja, khususnya bagi mereka yang akan berkarier di instansi pemerintahan.

Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, diharapkan peserta dapat lebih siap menghadapi ujian seleksi PPPK dan meningkatkan peluang untuk lolos ke tahap berikutnya.

BACA JUGA:Prediksi 1 Syawal 1446 H: Idul Fitri Diperkirakan Sama dengan Keputusan Muhammadiyah

BACA JUGA:Timnas Indonesia Bungkam Bahrain, Ranking FIFA Melesat Drastis dan Peluang Lolos Kian Terbuka

Tetap semangat dalam belajar dan selamat mempersiapkan diri!

1. Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan yang sering terjadi di jalanan?

A. Takut dan trauma saat berada di jalan.

B. Tidak ambil pusing dengan kejadian tersebut.

C. Melaporkan aksi yang ada dan tetap waspada saat berkendara di jalan.

D. Hanya asyik menonton tanpa melakukan sesualu

E. Sebisa mungin mencari teman ketika melewati jalan tersebut.

Jawaban : C. Melaporkan aksi yang ada dan tetap waspada saat berkendara di jalan.

2. Jika atasan saya memberikan pendapat dan masukan kepada saya maka...

A. Saya tidak peduli karena saya sudah bekerja sesuai dengan kemampuan saya

B. Saya menerimanya dan mendengarkannya

C. Saya mengintrospeksi diri saya kemudian saya memperbaikinya

D. Pemimpin saya memang orangnya perfeksionis

E. Saya senang jika ada yang memberikan kritik dan saran pada saya

Jawaban : C. Saya mengintrospeksi diri saya kemudian saya memperbaikinya

BACA JUGA:Kunci Jawaban Post Test Modul Kreativitas dan Inovasi

BACA JUGA:Makna dan Jawaban Ucapan Taqabbalallahu Minna wa Minkum dalam Perayaan Idul Fitri

3. Teman sekantor saya mengalami musibah, disaat yang sama ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan, saya...

A. memprioritaskan teman saya, karena kami bagaikan keluarga

B. menunda pekerjaan saya dan pergi untuk melihat kondisinya

C. leman saya pasli mengerti jika saya sibuk

D. bersama teman-teman yang lain pergi untuk melihat kondisinya

E. menelefon untuk memastikan kondisinya lalu kembali bekerja

Jawaban : E. menelefon untuk memastikan kondisinya lalu kembali bekerja

4. Dalam situasi terjadi perdebatan karena perbedaan pendapat, biasanya saya

A. Meninggalkan ruangan karena saya tidak tahan mendengar perdebatan.

B. Berusaha menengahi agar perbedaan tidak terjadi berkepanjangan.

C. Berusaha memahami kedua belah pihak mengapa sampai terjadi perdebatan.

D. Memihak dengan orang yang sependapat dengan saya.

E. Diam dan mengikuti proses perdebatan sampai selesai.

Jawaban : B. Berusaha menengahi agar perbedaan tidak terjadi berkepanjangan.

5. Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayontas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda.

Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalarn bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri.

Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut.

Apa yang akan Anda lakukan?

BACA JUGA:Jadwal Acara TV Kamis, 27 Maret 2025: Blockbuster Sahur Movie, Movievaganza Spesial, dan Tayangan Seru Lainnya

BACA JUGA:Indonesia Taklukkan Bahrain 1-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ole Romeny Jadi Pahlawan

A. Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya.

B. Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.

C. Meminta kepada baglan kepegawaian untuk dipindahkan ke divisi lain.

D. Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.

E. Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih fokus dalam bekerja.

Jawaban : D. Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.

6. Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda.

Lalu sikap anda?

A. Menganggap perbedaan bukan masalah

B. Berusaha memahami perbedaan tersebut

C. Tidak memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas

D. Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelonnpok

E. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok

Jawaban : E. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok

7. Kalau kamu jadi ketua RT, terus ada tetangga perumahan baru nikah setahun istrinya WNA, suka berjernur di depan rumah, nah, para warga terganggu sama sikap si WNA,

akhirnya kamu bilang ke suaminya si WNA, kalau para warga gak nyaman dengan sikap istrinya yang suka berjemur di depan rumah itu,

nah sekarang si WNA sudah gak pemah lagi bedemur di depan rumah, tapi warga tetap gak nyaman, kamu sebagai ketua RT apa yang akan kamu lakukan?

A. Menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, gak semuanya harus ikut adat istiadat kita

B. Kamu menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan antara WNA tersebut dengan kita para warga melalui pengajian, arisan (kegiatan masyarakat)

C. Kamu bersikap proporsional dan netral, tapi juga menjelaskan ke warga tentang perbedaan yang ada

D. Menasehati lagi si suami WNA kalau warga tidak nyaman dengan keadaan istri kamu

E. Membiarkannya saja

Jawaban : A. Menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, gak semuanya harus ikut adat istiadat kita

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, PLN Resmikan SPKLU Center di Rest Area 38B Tol Jagorawi, Siap Layani Pemudik

BACA JUGA:UMKM Binaan BRI Tembus Pasar Global, Ikuti Pameran Natural Product Expo West 2025 di Los Angeles

8. Ketika anda makan disebelah anda ada orang yang bau badan, bagaiamana sikap anda?

A. Cepet cepet selesaikan makan lalu pergi

B. Cuek saja dan pura pura tidak terjadi apa apa

C. Biasa saja selagi tidak menganggu anda.

D. Menyuruhnya pindah tempal duduk. Dengan dalih akan ada sodara anda yang akan duduk

E. Mencari posisi yang enak dan nyaman agar anda tidak terganggu

Jawaban : C. Biasa saja selagi tidak menganggu anda.

9. Anda ditunjuk sebagai memimpin sebuah rapat. Ada anggota rapat yang selalu menyela anda ketika presentasi berjalan. Sikap anda..

A. Biasa saja

B. Saya dengarkan argumentasinya dengan penuh rasa penasaran

C. Saya anggap dia orang yang aktif

D. Tidak peduli

E. Saya minta dia untuk mendengar presentasi saya lerlebih dahulu lalu memberikan argumentasi

Jawaban : E. Saya minta dia untuk mendengar presentasi saya lerlebih dahulu lalu memberikan argumentasi

10. Dalam suatu kelompok kerja, biasanya anggota kelompok terdiri dari berbagai latar belakang budaya, dan saya merasa...

A. Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok.

B. Perlu berhati-hati akan apa yang bisa saya katakan alau saya perbuat didalam kelompok kerja.

C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.

D. Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.

E. Tidak cukup berani untuk rnenjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.

Jawaban : C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.

11. Proses evaluasi yang berlangsung secara terus menerus dalam rangka pengendalian mutu layanan biasa disebut...

A. Pengendalian mutu layanan

B. Perencanaan mutu layanan

C. Pengelolaan mutu layanan

D. Pemantauan mutu layanan

E. Pemanfaatan mutu layanan

Jawaban : D. Pemantauan mutu layanan

12. Istilah untuk ukuran tertentu yang digunakan sebagai patokan mutu layanan adalah

A. Acuan

B. Baseline

C. Bakuan

D. Standar

E. Sandaran

Jawaban : D. Standar

BACA JUGA:Peresmian Gedung Lembaga Adat Lubuklinggau, Wujud Pelestarian Budaya Lokal

BACA JUGA:Brownies Kukus Lembut dan Lezat, Cocok untuk Sajian Lebaran!

13. Proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang dilakukan secara langsung disebut

A. Advokasi

B. Pelayanan

C. Pendampingan

D. Asistensi

E. Konsultansi

Jawaban : B. Pelayanan

14. Dalam perspektif pemberian layanan terhadap masyarakat, yang dimaksud kesesuaian antara harapan dan kenyataan layanan adalah....

A. Bakuan layanan

B. Kinerja layanan

C. Standar layanan

D. Prestasi layanan

E. Kualitas layanan

Jawaban : E. Kualitas layanan

15. Tindakan seorang konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi suatu produk pelayanan disebut

A. Kebiasaan konsumen

B. Kebutuhan konsumen

C. Kesenangan konsumen

D. Perilaku konsumen

E. Keinginan konsumen

Jawaban : B. Kebutuhan konsumen

16. Dalam perspektif pelayanan, keinginan para petugas untuk membantu dan memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat serta tahu keinginan masyarakat disebut dengan

A. Daya dorong (thrusty)

B. Daya saing (competitiveness)

C. Daya tahan (durability)

D. Daya dukung (supporting)

E. Daya tanggap (responsiveness)

Jawaban : D. Daya dukung (supporting)

17. Kualitas yang menunjukkan berapa lama suatu umur teknis maupun ekonomis suatu produk layanan dinamakan

A. Conformance (kesesuaian)

B. Serviceability (pelayanan)

C. Durability (daya tahan)

D. Reliability (kehandalan)

E. Performance (kinerja)

Jawaban : B. Serviceability (pelayanan)

18. Konsep pelayanan prima yang berkaitan dengan kondisi fisik ataupun non-fisik seseorang adalah

A. Perhatian (attention)

B. Penampilan (appearance)

C. Tindakan (action)

D. Kemampuan (ability)

E. Sikap (attitude)

Jawaban : A. Perhatian (attention)

19. Sekumpulan data yang telah diolah dan diorganisasikan dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima disebut

A. Informasi

B. Konten

C. Bahan

D. Data

E. Sumber

Jawaban : A. Informasi

BACA JUGA:H-2 Pendaftaran SNBT 2025 Ditutup, Siswa Diminta Segera Mendaftar

BACA JUGA:Resep Bolu Pisang Panggang yang Lembut untuk Lebaran, Sajian Manis yang Menggugah Selera

20. Bentuk komunikasi verbal dengan mengucapkan kata-kata secara langsung kepada lawan bicara disebut

A. Komunikasi tidak langsung

B. Komunikasi interpersonal

C. Komunikasi lisan

D. Komunikasi tulisan

E. Komunikasi langsung

Jawaban : C. Komunikasi lisan

21. Salah satu prinsip dari komunikasi tertulis adalah mengandung semua fakta yang diinginkan. Hal ini termasuk ke dalam pengertian prinsip

A. Completeness (lengkap)

B. Clarity (jelas)

C. Competitivess (kompetisi)

D. Conciseness (ringkas)

E. Concerteness (konkrit)

Jawaban : C. Competitivess (kompetisi)

22. Pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi disebut

A. Communicator

B. Decode

C. Communican

D. Encode

E. Communication

Jawaban : A. Communicator

23. Sumber informasi yang diperoleh dari seorang informan disebut .....

A. Informasi tidak langsung

B. Informasi primer

C. Informasi langsung

D. Informasi sekunder

E. Informasi umum

Jawaban : B. Informasi primer

24. Komunikasi akan lebih mudah dimengerti apabila komunikasi dilaksanakan dalam praktek. Hal ini berkaitan dengan asas

A. Pelaksanaan aplikasi

B. Konsekensi

C. Uniformitas

D. Distribusi

E. Kejelasan

Jawaban : A. Pelaksanaan aplikasi

25. Di bawah ini yang bukan contoh komunikasi tertulis adalah

A. Naskah

B. Laporan

C. Alokon

D. Pamflet

E. Spanduk

Jawaban : C. Alokon

BACA JUGA:Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut hingga Lebaran, PLN Siapkan Langkah Antisipatif

BACA JUGA:Lonjakan Pemudik Kereta Api Saat Lebaran 2025, KAI Tambah Rangkaian dan Petugas Keamanan

Sumber: