Rehabilitasi Rumah Warga Penyandang Disabilitas Bersama Masyarakat Bangun Kembali Tempat Tinggal Layak

Rehabilitasi Rumah Warga Penyandang Disabilitas Bersama Masyarakat Bangun Kembali Tempat Tinggal Layak

--

SILAMPARITV.CO.IDRehabilitasi rumah Samudi, salah satu warga desa mataram dusun 6 kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Rehabilitas mulai dilakukan pada sabtu, 16 Desember 2023.

Karena, kondisi rumah yang sudah tidak layak huni dengan atap yang bolong dan bocor serta pondasi yang hampir rubuh samudi bersama istrinya keduanya penyandang disabilitas

BACA JUGA:Bukit Gatan Menjadi Salah Satu Tempat Favorit di Musi Rawas Untuk Merayakan Malam Pergantian Tahun Baru

Sarmudi hanya berprofesi sebagai petani dan kondisinya yang cacat membuatnya tak mampu untuk memperbaiki kondisi rumahnya yang menurutnya tidak layak untuk ditempati.

Mendorong inisiatif warga dan pemerintah desa mataram untuk bermusyawarah memberikan sumbangan membantu merehabilitas rumah samudi terkumpul dana dari berbagai sumber sumbangan relawan masyarakat  yaitu mataram peduli.

BACA JUGA:Unik! Budidaya Pepaya Calina California di Musi Rawas Ini Bisa Panen Berkelanjutan

Sumbangan dari pihak pemerintah desa, kades mataram turut berperan dengan menyumbangkan batu bata, dan perangkat desa lainnya memberikan bantuan biaya, serta sumbangan tenaga dari masyarakat setempat. 

Dengan terkumpulnya dana dari berbagai pihak, tahapan rehabilitasi rumah Bapak Samudi pun telah dimulai. Proses ini menjadi contoh nyata kebersamaan dan solidaritas dalam mewujudkan tempat tinggal yang layak bagi mereka yang membutuhkan.

BACA JUGA:Petani Ubi di Musi Rawas Berharap Dapat Menanam Padi Kembali, Ini Alasannya!

Semoga keberhasilan ini menginspirasi upaya serupa di tempat lain, menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap sesama.

Gotong royong adalah kunci keberhasilan kita dalam membantu sesama. Semua lapisan masyarakat turut serta untuk menyelamatkan rumah Bapak Samudi dan istri yang merupakan bagian tak terpisahkan dari komunitas ini.

BACA JUGA:Taman Beregam Kabupaten Musi Rawas, Cocok jadi Rekomendasi Tempat Wisata di Akhir Tahun

Tumadi Kepala Dusun 6 Desa Mataram mengatakan, “Bahwa rumah samudi gareng sudah tidak layak huni sebelum nya juga sudah diajukan untuk bedah rumah oleh pemerintah namun belum terealisasi, dari musyawarah pemerintah desa mataram dan masyarakat setempat sepakat untuk bersama saling membantu merehabilitas rumah samudi,”

Samudi pemilik rumah rehabilitas merasakan bahagia, senang dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu rehanbilitas rumah yang sekarang rumah nya sudah nyaman tidak bocor lagi. Hal ini bisa menginspirasi utuk semua orang untuk membantu kepada yang membutuhkan.

Sumber: