Unik! Budidaya Pepaya Calina California di Musi Rawas Ini Bisa Panen Berkelanjutan

Unik! Budidaya Pepaya Calina California di Musi Rawas Ini Bisa Panen Berkelanjutan

--

SILAMPARITV.CO.IDTerdapat kebun pepaya calina california di Musi Rawas, yakni milik Kidam. Uniknya, pepaya miliknya ini bisa panen berkelanjutan.

Mendengar nama buah satu ini pasti sudah tidak asing bagi kita, pepaya calina california merupakan salah satu jenis papaya yang diminati oleh banyak orang, seperti petani pepaya Kidam, membudidaya pepaya jenis calina calofornia. buah pepaya nya tumbuh subur dan menghasilkan.

Pepaya calina merupakan buah lokal asli Indonesia, selain memiliki rasa yang manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat serta kaya akan Vitamin C. Pepaya ini juga banyak ditanam oleh petani karena keunggulan buah nya yang ber bobot, dengan bobot 0,8 – 1,5 kg per buah nya berbentuk lonjong daging buah kenyal dan juga tebal.

BACA JUGA:Kulit Sehat dan Berat Badan Seimbang, Inilah Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Seperti pepaya Calina milik Kidam, yang terletak di Desa Kali Bening, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, beliau membudidaya pepaya Calina baru pertamakali nya, dengan luas lahan 2500 meter persegi dan ditanam 220 batang pepaya untuk proses panen.

Pepaya calina california ini membutuhkan 6 sampai 7 bulan dari proses tanam pemanenan pepaya ini dilakukan dalam 4 hari sekali panen dalam satu panen nya mencapai hingga 100 kg, untuk pemasaran pepaya diambil oleh pengepul dengan harga 300 rupiah.

BACA JUGA:Antusias Warga Tugumulyo Mencari Lobster di Irigasi F. Trikoyo

Selanjut nya buah papaya calina california akan di ekspor keluar kota dan dipasarkan dipasar- pasar Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau.

Kidam petani pepaya calina mengatakan inspirasi menanm pepaya ini adalah budidaya pepaya lebih mudah, karena hasil nya terus berkelanjutan tidak seperti menanam padi pepaya california ini terrus berkelanjutan  berbuah. kidam juga menyampaikan pemanenan pepaya ini dilakukan dalam 4 hari sekali panen dalam satu panen nya mencapai hingga 100 kg.

BACA JUGA:Daun Balakacida Memiliki Segudang Manfaat, Temukan Tanaman Ini di Sekitar Rumahmu

“Pada penanaman pepeya calina ini gamapang gampang susah,” ujar Kidam.

“karena harus perlu perawatan untuk hasil yang ingin maksimal, dan untukkendala nya ada dihama buah papaya, hama ini membuat buah papaya akan membusuk. Jukalau tidak cepat untu ditanggani," tambahnya.

Kembali dirinya menyampaikan harapan kedepan nya, budidaya pepaya ini akan ditingkatkan hasil nya  kembali dan harga jual pepaya meningkat.

BACA JUGA:Konsumsi Minuman Ini di Pagi Hari, Berpotensi Tubuh Terhindar dari Penyakit

Sumber: