7 Bahaya Tidur dengan mengunakan Kipas Angin, Berikut Apa saja?

7 Bahaya Tidur dengan mengunakan Kipas Angin, Berikut Apa saja?

--

SILAMPARITV.CO.IDMengunakan kipas angin adalah salah satu solusi di saat cuaca sedang panas, dan Indonesia merupakan negara tropis, dengan suhu udara yangcukup senderung panas. Tak hanya siang hari malam hari pun masih banyak orang yang manfaat semilir sejuk angin dari kipas angin untuk bisa tidur pulas tanpa kegerahan.

Namun, tidur dengan memberikan kipas angin menyala semalaman itu ternyata bahaya bagi kesehatan, bahkan ada kepercayaan yang berkembang di masyarakat, bahayanya mengunukan kipas angin di saat waktu tidur di malam hari.

Beberapa penilitian dari para ahli menjelaskan bahwa tidur mengunakan kipas angin dapat menyebabkan beberapa masalah dalam kesehatan tubuh.

1. Kekurangan Oksigen

BACA JUGA:Ampuh! Ternyata Obat Alami Ini Dapat Meredakan Sakit Gigi

Yang pertama bahaya ketika mnegunakan kipas angin di saat waktu tidur malam hari, apalagi mengarahkan ke tubuh, terutama wajah,membuat tubuh kekurangan banyak oksigen. Sebab anigin yang dihasilkan dari kipas angin bukan lah oksigen, melainkan korban dioksida, erlebih jika kita tidur di ruangan tertutup yang kurang ventilasi, sirkulasi udara pun tidak akan berjalan baik.

2. Dehidrasi

jika dalam tubuhmu kekurangan cairan atau dehidrasi, makan kamu terlalu lama mengunakan kipas angin dalam jangka waktu yang cukup lama. dikarenakan ketika berada di ruangan yang dingin dalam waktu lama, tubuh akan cenderung kekurangan air dan kipas angin akan membuat air dalam tubuh berkurang.

3. Penurunan Suhu Tubuh

BACA JUGA:Berikut Sejumlah Daftar Aplikasi Ojek Online yang Bangkrut di RI

Berkeringat merupakan salah satu upaya tubuh untuk mengatur atau menyeimbangkan suhu di dalam tubuh. Ketika kita tidur pulas, kita biasanya akan mengeluarkan keringat, sedangkan penggunaan kipas angin yang cukup lama dalam semalaman akan membuat keringat dalam tubuh tidak bisa keluar.

4. Kulit Kering

Kekurangan cairan dan penurunan suhu tubuh ketika tidur juga akan berdampak pada kesehatan kulit. Tidur dengan menggunakan kipas angin akan membuat tubuh berada dalam keadaan dingin dalam waktu yang cukup lama. Pori pori kulit akan mengecil dan kulit akan menjadi mengecut,  karena kulit membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

5. Otot Kaku dan Nyeri

Sumber: