Daun Pepaya Dengan Segudang Manfaatnya, Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Daun Pepaya Dengan Segudang Manfaatnya, Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

--

Papain terkenal karena kemampuannya guna memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil, serta lebih mudah untuk dicerna. Sebuah studi menemukan, penggunaan tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya mampu mengurangi gejala pencernaan negatif, termasuk sembelit dan mulas, pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).

BACA JUGA:Air Beras Bisa Kecilkan Pori-pori Wajah? Simak Manfaatnya Disini!

4. Menjaga kesehatan dengan kulit Daun pepaya, baik dikonsumsi ataupun dioleskan secara topikal, bisa bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembut, jernih, dan tampak awet muda. Manfaat tersebut dipengaruhi karena enzim yang melarutkan protein dalam daun pepaya yang disebut papain.

Diketahui, papain yang ada pada daun pepaya dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk menghilangkan sel kulit mati dan mampu mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, serta jerawat.

Selain itu, bila dikonsumsi dengan rutin, enzim daun pepaya bisa untuk mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian menemukan, air rebusan atau ekstrak daun pepaya dapat untuk meminimalkan munculnya jaringan parut pada kelinci.

5. Mengurangi risiko kanker Air, rebusan daun pepaya juga dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker tertentu, seperti dikutip dari PharmEasy. Karena, daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat yaitu antikanker.

BACA JUGA:Tidak Suka Minum Air Putih? Ketahui 9 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Senyawa tersebut mampu untuk mencegah perkembangan sel kanker. Menurut penelitian, ekstrak dari rebusan air daun pepaya dapat efektif untuk mengurangi risiko pada kanker usus besar dan kanker prostat. Selain itu, ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang mampu untuk menetralkan aktivitas sel kanker.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh Daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid yang meningkatkan kekebalan tubuh. Semua kandungan tersebut adalah sumber yang kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan yang membikin Anda kuat.

Vitamin C dalam pepaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat Anda aman dari beberapa infeksi. Selain itu, vitamin C dalam daun pepaya juga bertindak pada penyembuhan luka, pertumbuhan jaringan tubuh, regenerasi sel yang rusak, dan lainnya.

BACA JUGA:8 Manfaat Kuaci dan Efeknya Bila Konsumsi Berlebihan, Berikut Simak Penjelasanya Jangan Sampai Terlewatkan

Sumber: