Apa Saja Khasiat Air Rebusan Serai bagi Tubuh? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Apa Saja Khasiat Air Rebusan Serai bagi Tubuh? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Apa Saja Khasiat Air Rebusan Serai bagi Tubuh? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!--

SILAMPARITV.CO.IDSerai merupakan salah satu rempah-rempah populer yang banyak ditambahkan ke dalam masakan guna memperkuat cita rasa.

Selain untuk menambah rasa dari masakan, serai juga dimanfaatkan sebagai ramuan herbal guna mengobati beberapa kondisi tertentu.

Beberapa penelitian yang menunjukkan, serai merupakan sumber yang kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik. Senyawa-senyawa ini juga mampu menjadi agen antibakteri dan antijamur yang efektif yang mengandung sifat antiinflamasi serta antioksidan.

Untuk mendapatkan manfaat dari serai, salah satu cara terbaiknya yaitu dengan cara merebusnya dan kemudian diminum secara rutin.

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat dari Minum Air Rebusan lengkuas secara Rutin? Simak Dibawah Ini!

Lalu, apa saja khasiat dari air rebusan serai bila dikonsumsi setiap hari?

Khasiat air rebusan serai bagi kesehatan

1. Mengurangi peradangan

Serai diketahui mengandung quercetin, flavonoid yang dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan quercetin pada serai juga dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta mencegah penyakit jantung.

2. Mengurangi kecemasan

Minum air rebusan serai bisa bermanfaat untuk mengurangi kecemasan.

Bahkan, menurut Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menyebutkan, hanya dengan mencium bau serai dapat membantu orang dengan masalah kecemasan.

Meskipun beberapa orang sudah menghirup minyak esensial serai guna menghilangkan stres dan kecemasan, namun para peneliti masih membutuhkan lebih banyak bukti agar dapat mengkonfirmasi manfaat ini.

Sumber: